STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI ANGKRINGAN IRDAN COFFEE DI DESA PAKEMITAN KECAMATAN CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA

Dedeh Kurniasih, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Kopi merupakan komoditi perkebunan yang masuk dalam kategori komoditi strategis di Indonesia. Belakangan ini, minuman kopi tidak hanya sekedar untuk dikonsumsi saja tetapi bisa menjadi pelengkap aktivitas sehari-hari dan sudah menjadi gaya hidup bagi beberapa kalangan masyarakat. Jumlah konsumsi kopi akan terus meningkat sehingga membuat pembisnis kedai kopi menjadi yakin untuk menjalankan usahanya. Angkringan Irdan Coffe merupakan salah satu usaha kedai kopi yang mengalami permasalahan dalam pemasarannya. Selain itu, kendala lain yang dihadapi yaitu munculnya pesaing yang berdekatan dengan kedai ini. Dengan demikian, perlu diketahui alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan kedai kopi Angkringan Irdan Coffe sehingga dapat menghadapi persaingan. Desain pada penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Alat analiis yang digunakan yaitu menggunakan matriks IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil dari matriks IE menunjukan bahwa perusahaan tersebut berada pada posisi pertumbuhan stabilitas. Lima strategi alternatif dirumuskan dari hasil matriks SWOT dengan strategi prioritas pertama adalah dengan mempertahankan produk andalan dengan cara membuka cabang ditempat lain.

Keywords


Kopi, Kedai Kopi, IFE, EFE, IE,SWOT

References


Afriyanti, Sintia.2016. Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi Di Jatinangor. Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.

Chandra,Gregorius.2002. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset

Cresswell, J.W. 2010. Research design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar

David, Fred R.2002. Manajemen Strategi : PT. Gramedia Pustaka Utama ; Jakarta.

Kolter, P.1997. Manajemen Pemasaran Marketing Manajemen 9c Analisis Perencanaan Implementasi dan kontrol. Prenhalliando. Jakarta

Kolter,P dam Gary Armstrong.2008.Prinsip-Prinsip Pemasaran,edisi 12,Jilid 1. Erlangga.Jakarta.

Latifa, Nadya Hasna dan Dini Rochdini.2019. Kajian Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi KADAKA CAFETARIA di Kota Bandung. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD P.ISSN No.2528.4576/e-ISSN No.2615-741

Nurjanah, Ajeng Nisa.2008. Manajemen Strategi dan Analisis Strategi Perusahaan. Vol.1.No 1.2018.

Raharjo, Bismo Try. 2003. Analisis Penentu Ekspor Kopi Indonesia. Jurnal Ilmiah. Universitas Brawijaya: Malang. Diunduh pada http://jimfeb.ub.ac.id/index .php.jimfeb/article/view/182. Pada Tanggal 29 Januari 2020

Siswoputranto,P.S.1992. Kopi Internasional dan Indonesia. Kanisius: Yogyakarta.

Solikatun, Drajat Tri Kartono dan Argyo Demantoto.2015. Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, April 2015, 4 (1):60-74.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suwarsono, Muhammad.2002. Manajemen Strategi: Konsep dan Kasus. Edisi Ketiga. UPP AMP YKPN: Jogjakarta.

Turnip, C. 2002. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Ekspor dan Aliran Perdagangan Kopi Indonesia. Skripsi Sarjana. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor

Umar, H.2001. Strategic Manajemen In Action, Konsep, Teori dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategic Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelan Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: