STRATEGI PENGEMBAGAN BISNIS KEDAI KOPI“AI COFFEE” DI DESA PAKEMITAN KECAMATAN CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA

Dede Yeni Maryani, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Kedai kopi merupakan tempat berkumpul dan bersantai sambil minum kopi. Salah satu kedai kopi yang berada  di Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi yaitu Kedai “AI COFFEE”. Penelitian ini dilakukan pada Kedai Kopi “AI COFFEE”. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksterna dalam pengembangan Kedai Kopi AI setra menentukan strategi yang terdapat dalam pengembangan kedai kopi AI dengan menggunakan matriks faktor strategi internal/ IFAS, matriks faktor strategi eksternal/ EFAS dan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treats). Jenis penelitian yang digunakan yaitu studikasus.Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder.Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purvosive sampling.Hasil penelitian menunjukan faktor internal yang menjadi  kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan bisnis kedai kopi “AI COFFEE” masing-masing terdapat tujuh tujuh faktor. Adapun faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan yang dominan kedai “AI COFFEE” yaitu modal sendiri dan produk mempunyai atribut kemasan dengan skor 0,41. Sedangkam kelemahan yang dominan yaitu masih menggunakan sistem informasi manajemen manual, jenis produk yang dihasilkan masih kurang dan kurangnya promosi dengan skor 0,28. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman masing-masing mempunyai lima faktor. Adapun Faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang dominan dari kedai “AI COFFE” yaitu pangsa pasar olahan kopi masih luas, berkembangnya tren minum kopi di kalangan masyarakat dan masih banyak jenis produk kopi yang bisa diproduksi dengan skor 0,57. Sedangkan yang menjadi ancaman dominan kedai kopi “AI COFFEE” yaitu persaingan usaha sejenis dengan skor 0,57. Straegi pengembangan yang tepat untuk pengembangan bisnis “AI COFFE” yaitu Strategi S-O yang diperoleh dari matriks SWOT.

Keywords


Kopi, Strategi, IFAS, EFAS, SWOT

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Anjayani dan Haryanto. 2009. Geografi SMA XI. Perbit Cempka Putih. Jakarta.

David, F.R, 2004. Manajemen Strategi Terjemah.PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Fahmi, Mirza., A. Baihaqi., I. A. Kadir. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika ‘Bergendaal Koffie’ di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Agrisep. 14 (1): 28-35.

Hayati, Maryani dan Manalu. 2004. Pengetahuan Sosial Geografi SMP. ESIS. Jakarta.

Marta, Ida, Bagus. 2006. Pengantar Studi Demografi. PT Penebar Swadaya. Jakarta.

Nazir, Moh. Ph.D, 2005.Metode Penelitian.Ghalia Indonesia, Bogor.Panggabean, E. 2011. Buku Pintar Kopi.Agro Media Pustaka. Jakarta.

Rahardjo, Pudji. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rangkuti, F, 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorientasi, Konsep, Perencanaan Srategis Untuk Menghadapi Abad 21. Cetakan 16.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rika Hariance., Rudi Febriamansyah., dan Faidil Tanjung. 2016. Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Di Kabupaten Solok. Agrisep Vol. 15 No. 1 Hal: 111-126

Subijanto.2011. Peran Negara Dalam Hubungan Tenaga Kerja Indonesia.Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Vol 17 No. 6, 2011), halaman 708.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Karya Tani Mandiri. 2018. Rahasia Sukses Budidaya Kopi. Bandung Nuansa Aulis.

Zaputra, A., Ismayani., Romano. 2015. Strategi Pengembangan Kluster Perkebunan Kopi dan Tebu untuk Pengembangan Ekonomi Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Agrisep. 16 (2): 38-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: