Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Petani Dalam Melaksanakan Usahatani Lebah Madu

Ika Juliana Dewi, Iwan Setiawan, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Minat petani lebah di Desa Banjaranyar sangat tinggi, sehingga perbedaan produksinya sangat mencolok dengan petani lebah lainnya di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat minat petani dalam melaksanakan usahatani lebah madu di Desa Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, dan (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat petani dalam melaksanakan usahatani lebah madu di Desa Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei pada kelompok KTH Bina Lestari di Desa Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Anggota kelompok KTH Bina Lestari sebanyak 60 orang diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian atau dilaksanakan sensus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat minat petani untuk menjalankan usahatani lebah madu masih rendah dimana 90% petani memiliki tingkat minat yang rendah dengan skor 10,00-25,00, dan (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat petani dalam melaksanakan usahatani lebah madu adalah jumlah stup, pendapatan, dan jumlah tanggungan keluarga. Sedangkan umur, pengalaman, dan harga jual tidak berpengaruh signifikan.

Keywords


usahatani lebah madu, minat petani

References


Aisyah, S. 2013. Analisis Persepsi dan Sikap Serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Untuk Menggunakan Sumber Pembiayaan Formal Usaha Tani di Kabupaten Asahan. Tesis. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Gebremariam, T. and Brhane, G. 2014. Determination of Quality and Adulteration Effects of Honey From Adigrat And Its Surrounding Areas. International Journal Of Technology Enchancements And Emerging Engineering Research, 2(10): 71-76.

Kuncoro, A. 2001. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Asumsi Klasik, Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Makmun Khairani. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Mubyarto. 1994. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3S.

Setiawan, A., Rudianda, S., dan Arlita, T. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Lebah Madu Kelompok Tani Setia Jaya di Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. JOM Faperta Unri, 3(1): 1-9.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka.

Trisnata, D.P., Ismono, R.H. dan Soelaiman, A. 2017. Analisis Kelayakan Finansial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penangkar dalam Mengusahakan Bibit Karet Bersertifikat di Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 5(1): 40-47.

Wardana dan Alzarliani, W.O. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Menerapkan Teknologi Pengolahan Buah Tomat di Desa Wakuli Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton. Agrikan: Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, 12(1): 145-151.

Wineri, E,. 2014. Perbandingan Daya Hambat Madu Alami dengan Madu Kemasan Secara In Vitro terhadap Streptoccus beta hemoliticus Group A sebagai Penyebab Faringitis. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(13): 376-380.

Yamin, S., dkk. 2011. Regresi Dan Kolerasi Dalam Genggaman Anda. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: