Analisis Biaya, Pendapatan Dan R/C Pada Usaha Pembesaran Ikan Lele Dengan Metode Longyam Di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis

Bangbang Subangkit, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Besarnya biaya, pendapatan dan pendapatan pada usaha pembesaran ikan lele dengan metode longyam di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. 2) Besarnya nilai R/C pada usaha pembesaran ikan lele dengan metode longyam di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis per satu kali proses produksi. Penelitian ini dilakukan di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis dengan menggunakan Metode Studi Kasus. Dengan mengambil sampel pada seorang pengusaha pembesaran ikan lele dengan metode longyam. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Besarnya total biaya produsi pada usaha pembesaran ikan lele dengan metode longyam di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis sebesar Rp. 8,733,194.02, per satu kali proses produki, dan besarnya penerimaan dan pendapatan sebesar Rp. 15,462,500 Dan Rp. 6,729,305.96 per satu kali proses prouksi. 2) Besarnya nilai R/C Usaha pembesaran ikan lele dengan metode longyam di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis sebesar 1,77 per satu kali proses produksi.

Keywords


Longyam, R/C, Ikan Lele.

References


Ajeng, T. C. 2014. Analisis Usaha Terpadu Pada Anugrah Farm Di Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor. Institut Pertanian Bogor 2014.

Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Cikoneng Interview. Profil Budidaya Ikan Lele Kecamatan Cikoneng Tahun 2019. Cikoneng.

Danang Kurniawan. 2013. Kajian tingkat Kesejahteraan Keluarga Pembudidaya Ikan Lele Di Desa Purwonegoro Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Universitas Muhammadiah Purwokerto 2013.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis. Data Produksi Ikan Kabupaten Ciamis Tahun 2019, Ciamis : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis

Friska, M. A. 2012. Analisis Usahatani Pembesaran Ikan Mas Di Kabupaten Sragen. Universitas Sebelas Maret.

Hendriana, A. 2010. Pembesaran Ikan Lele Di Kolam Terpal. Yogyakarta. Lily Publisher.

Idrus. 2006. Analisis Biaya, Pendapatan, Dan R/C Agroindustri Gula Kelapa (Studi Kasus Di Desa Kedung Wuluh Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran). Universitas Galuh 2017.

Jhon, M. S. 2011. Analisis Kelayakan Usaha Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp) (Studi Kasus : Yoyok Fish Farm, Desa Pasir Angin, Kecamatan Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor 2011.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan Edisi 1. Jakarta. Rajawali Pers

Khairuman dan K Amri. 2013. Budidaya Lele Dumbo Secara Intensif. Jakarta:Agro Media Pustaka.

Rodjak, A. 2006. Manajemen Usahatani. Pustaka Gratuna. Bandung.

Suratiah. 2006. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Wiwit Rahayu. 2011. Analisis pendapatan Usaha Pembesaran Ikan Nila Merah (Oreochromis sp.) Pada Kolam Air Deras di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Universitas Sebelas Maret 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: