Profil Usaha Dan Strategi Bisnis Kerajinan Mendong Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya

Yudha Ardiansyah, Yusnita Primawati, Zulfikar Noormansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil usaha, serta strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis kerajinan mendong. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi, dianalisis dengan teknik kualitatif dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil usaha dapat ditinjau dari aspek produksi, aspek sumber daya manusia, aspek pemasaran, dan aspek keuangan. Aspek produksi meliputi alat produksi yang berupa ATBM, dengan bahan baku utama mendong lembaran yang telah ditenun dengan berbagai pewarna tekstil untuk dijadikan kerajian tangan berbagai fungsi. Aspek sumber daya manusia adalah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan mendong dalam satu perusahaan kurang lebih 20 orang. Sistem pembayaran pengrajin disesuaikan dengan bidang yang dikerjakan dan tenaga kerja pengerajin secara umum merupakan buruh borongan. Aspek pemasaran kerajinan mendong masih terkendala dalam promosi. Aspek keuangan dari usaha kerajinan mendong masih perlu ditingkatkan dalam pembukuan yang tersusun lengkap. Dari analisis SWOT dapat diketahui bahwa produk yang dihasilkan adalah produk kerajinan yang memiliki kualitas yang bagus sehingga dapat dijadikan kekuatan untuk menangkap peluang pasar dengan jumlah pesaing yang cukup tinggi. Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan terutama dalam memberikan fasilitasi dan mengikutsertakan dalam berbagai pameran kerajinan. Strategi Bisnis usaha kerajinan mendong diutamakan adalah pengembangan dalam inovasi produk agar lebih kreatif dalam penciptaan bentuk kerajinan tangan yang unik dan berciri khas.

Keywords


profil usaha, strategi bisnis, analisis SWOT

References


David, F R. 2004. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. Terjemahan. PT.

Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen. Edisi ke-7. Jakarta: Erlangga.

Hanipah, E. 2017. Analisa Sentra Industri Kerajinan Mendong di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya (Pendekatan Quintuple Helix). Jurnal Universitas Muhamadyah Yogyakarta.

Mahmud dan Anomsari, Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah di Kawasan Usaha Barito Semarang), Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011), 2011, hal. 3.

Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suprayatni, M, Suharso, N, Dunia, K. 2014. Analisis SWOT terhadap profil usaha kerajinan kain tenun Desa Tanglad Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol.4 No.1. Tahun 2014.

Suryana. 2008. Kewirausahaan. Pedoman Praktis:Kiat Menuju Sukses . jakarta: Salemba Empat.

Utami, K S. 2016. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) Kerajinan Kreatif Anyaman Mendong di Kabupaten Sleman. Jurnal Solusi Kajian Informasi dan Bisnis. Volume 11 Nomor 2 Tahun 2016.

Utomo, D T. 2010. Strategi Pemasaran Anyaman Tikar Berbahan Baku Mendong (Cyperus Sp) di Kabupaten Wonogiri. Skripsi Universitas Sebelas Maret. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: