Strategi Pengembangan Usaha Emping Melinjo Di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri

Cahya Firly Charnita, Pawana Nur Indah, Eko Priyanto

Abstract


Usaha emping melinjo di Desa Mejono merupakan salah satu industri yang berada di Kabupaten Kediri dengan bahan baku utama berupa melinjo. Salah satu usaha untuk membantu mensejahterakan masyarakat adalah dengan adanya industri rumah tangga. Pengembangan suatu usaha dapat ditentukan dengan adanya kemampuan untuk membangun strategi dalam usaha tersebut. Strategi akan membuat perusahaan melihat masa depan dan berusaha membentuk masa depannya secara proaktif. Adanya strategi diharapkan mampu membantu menuju tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi faktor – faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha emping melinjo di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. 2) Menyusun strategi pengembangan yang tepat diterapkan dalam usaha emping melinjo di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Responden dari penelitian ini berjumlah 5 produsen emping melinjo di Desa Mejono serta 3 masyarakat sekitar Desa Mejono dengan teknik penentuan purposive sampling. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada responden secara langsung, observasi lapangan, pencatatan, serta dokumentasi selama melakukan penelitian, sedangkan data sekunder didapat melalui badan pusat statistik, studi kepustakaan yang berasal dari pustaka ilmiah, dan literatur lainnya. Analisis dilakukan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Faktor internal terdiri dari kekuatan dan kelemahan, yaitu kapasitas produksi memenuhi permintaan konsumen, tingkat SDM rendah, sedangkat faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman yaitu tingkat konsumsi emping melinjo tinggi, harga bahan baku yang tidak stabil, 2) strategi usaha yang dapat dilakukan adalah mempertahankan mutu, kualitas produk dan kepercayaan konsumen, menjual produk emping melinjo di daerah tempat wisata, menjual dengan harga yang sudah disepakati sebelumya.

Keywords


Strategi, Pengembangan, IFAS, EFAS

References


Ananda, R. (2016). Peran Home Industri dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Keripik di Kelurahan Kubu Gadang). JPM FISIP, Vol. 3 No.

Andriani, D. R., & L, F. D. (2015). Analisis Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Emping Melinjo Skala Rumah Tangga Di Desa Wates Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Agrise, 15, 53–62

Astawan, M. (2009). Panduan Karbohidrat Terlengkap. PT Gramedia Pustaka.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (2010). Emping Stick Melinjo Diversifikasi yang Prospektif. Retrieved from http://www.litbang.pertanian.go.id/buku/InoTek-Ketahanan-Pangan/BabVI/bab-6.10.pdf. Diakses tanggal 30 Oktober 2021.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol. 1 No.

Siti Fariatul, J. (2017). Strategi pengembangan usaha homemade Kefir Khadeejah Rembang [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7152/

Sunanto, H. (1997). Budidaya Melinjo dan Usaha Produksi Emping. Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: