ANALISIS SALURAN PEMASARAN GULA AREN (ARENGA PINNATA) (Studi Kasus di Desa Capar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes)

Roni Saeful Hidayat, Yus Rusman, Mochamad Ramdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran gula aren di Desa Capar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes; (2) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran gula aren di Desa Capar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes; (3) Besarnya marjin pemasaran gula aren untuk setiap tingkatan lembaganya; (4) Besarnya bagian harga yang diterima perajin keseluruhan harga yang di bayar oleh konsumen; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dimana penelitian dilakukan dalam ruang alamiah atau bukan buatan dan penelitian melakukan perlakuan dalam pengumpulan data.Sampel yang sebagian diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh perajin gula aren di Desa Capar sebanyak 30 orang, pedagang pengumpul 5 orang, pedagang besar 1 orang dan pedagang pengecer 6 orang. Saluran pemasaran; a. Pedagang Pengumpul, pedagang pengumpul mendapatkan gula aren dengan cara membeli dari perajin gula aren. Pedagang pengumpul menerima gula aren dari perajin tiap harinya sekitar 276 kilogram, pedagang pengecer mendapatkan gula aren dari pengumpul kemudian dijual ke konsumen; b. Pedagang Besar, Pedagang besar mendapatkan gula aren dari pedagang pengumpul yang berada di Desa Capar kemudian memasarkan gula aren tersebut ke pedagang pengecer. Pedagang besar dan pengecer ini mendapatkan gula aren dari pedagang pengumpul tiap harinya sekitar 195 kilogram; c. Pedagang pengecer, Pedagang pengecer mendapatkan gula aren dari pedagang pengumpul tiap satu hari sekitar 81 kilogram. Pedagang pengecer dalam memasarkan gula aren mengeluarkan biaya untuk pengemasan dan transportasi. Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran; a. biaya untuk pengemasan (plastik) dan transportasi. Pada saluran I harga gula aren di konsumen ahir sebesar Rp 7.500 per kilogram dengan biaya total Rp 325 per kilogram dan keuntungan Rp 775 per kilogram. Pada saluran II harga gula aren di konsumen ahir sebesar Rp 7.600 per kilogram dengan biaya total Rp 454,53 per kilogram dan keuntungan Rp 945,47 per kilogram. Dalam hal ini perajin dapat dikatakan beruntung dalam pembuatan gula aren karena perajin tidak perlu membeli bahan bakunya yaitu nira aren perajin sudah memiliki bahan baku nira aren dari pohon arennya sendiri. Besarnya marjin pemasaran gula aren untuk setiap tingkatan lembaganya; marjin total pemasaran pada saluran I sebesar Rp 1.100 per kilogram, dan marjin total saluran II sebesar Rp 1400 per kilogram. Besarnya bagian harga yang diterima perajin keseluruhan harga yang di bayar oleh konsumen; Saluran I Farmer’s Share 85,3 persen dan saluran II Farmer’s Share 81,6.

Full Text:

PDF

References


Aliudin. 2007. Efisiensi dan Pendapatan Usaha Gula Aren Cetak. Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jalan Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang-Banten.

Angiopora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Darmawanti. 2005. Analisis Pemasaran Mendong di Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tidak Dipublikasikan

Dharmesta.

Irawan, 1999. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 7. Liberty, Yogyakarta.

Kadir, A. 2005. Analisis Finansial Pengolahan Nira Aren (Arengga Pinnata) Menjadi Produk Gula Merah. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan : Volume 2 No.1, Bogor.

Kotler, Keller. 2000. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid I. Jakarta.PT Indeks Kelompok Gramedia.

Leni Sugiyowati, Karno, Titik Ekowati. 2014. Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Aren di Kabupaten Kendal.

Jurnal Nazir, P. 2011. Metode Penelitian. In P. Moh. Nazir, Metode penelitian (p.54). Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahim, A dan Hastuti, D. 2007.Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Rohardi, F. Rony Palungkun dan Asiani Budiarti. 1993. Agrobisnis TanamanSayur. Swadaya. Jakarta.

Santoso, B. 2006.Kapulaga cetakan ke-13. Kanisius. Yogyakarta.

Sudiyono, A. 2001.Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah Malang Press. Malang.

Sugiharti Mulya Handayani dan Ivana Nurlaila. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar di Kabupaten Klaten. Jurnal.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv. Afabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v2i2.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: