ANALISIS SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA (Suatu Kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis)

Candra Desiana, Dini Rochdiani, Cecep Pardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kopi robusta di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis; (2) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran kopi robusta di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis; (3) Besarnya marjin pemasaran kopi robusta untuk setiap tingkatan lembaganya; (4) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani keseluruhan harga yang di bayar oleh konsumen; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dimana penelitian dilakukan dalam ruang alamiah atau bukan buatan dan penelitian melakukan perlakuan dalam pengumpulan data. Sampel yang sebagian diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh petani kopi robusta di Desa Kalijaya sebanyak 17 orang, pedagang pengumpul 2 orang, pedagang besar 1 orang dankonsumen industri 2 orang.1. Saluran pemasaranSaluran Pemasaran I :PETANI --- PEDAGANG PENGUMPUL ---KONSUMEN INDUSTRISaluran Pemasaran II:PETANI--- PEDAGANG PENGUMPUL---PEDAGANG BESAR---KONSUMENINDUSTRIBiaya pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 75,002. per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 324,53 per kilogram. Keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 235,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 645,47 per kilogram.3. Marjin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 310,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 970,00 per kilogram.4. Farmers share atau bagian harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I adalah 98,14 persen dan saluran pemasaran II adalah 94,35 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.Kata Kunci : Pemasaran, Biji, Kopi, Robusta

Full Text:

PDF

References


Ade S dan Bambang D, 2005. Pola Kemitraan Dalam Peningkatan Efisiensi

Pemasaran Kopi Rakyat (Studi Kasus di Kabupaten Malang, Jawa Timur).

Akses tanggal 1 Oktober 2015. Ciamis.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anjayani dan Haryanto. 2012. Geografi SMA XI. Penerbit Cempaka Putih. Jakarta.

Arifin. 2005. Pembangunan Pertanian Paradigma Kebijakan dan Strategi

Revitalitas. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

AEKI (Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia). 2013. Perkembangan Konsumsi Kopi di Indonesia. http://www.aeki-aice.org. Akses tanggal 1 September 2015. Ciamis.

Boyd, Harper W.; Orville C. Walker dan Jean- Claude Lorreche, 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi Kedua. Erlangga, Jakarta.

Darmawanti. 2005. Analisis Pemasaran Mendong di Kabupaten Sleman.

Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tidak Dipublikasikan

Departemen Pertanian. 2009. Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian.

http://www.pustaka.deptan.go.id. Departemen Pertanian. Jakarta. Akses

tanggal 1 September 2015. Ciamis.

Dharmesta dan Irawan, 1999. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 7. Liberty, Yogyakarta.

Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Ciamis. 2013. Laporan Tahunan. Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis.

______ 2006. Budidaya Beberapa Komoditas Tanaman di Kabupaten Ciamis.

______ 2007. Pendidikan Orang Dewasa (POD) Kabupaten Ciamis.

Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ciamis

. Rencana Strategis SKPD Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Kabupaten Ciamis Tahun 2011-2015.

Handayani, S.M dan I. Nurlaila. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar

di Kabupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan Vol. 9 (1). Akses tanggal

September 2015. Ciamis.

Halwani, R Hendra. 2002. Ekonomi Internasional dan Globalisasi

Ekonomi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Kadir, A. 2005. Analisis Finansial Pengolahan Nira Aren (Arengga

Pinnata) Menjadi Produk Gula Merah. Jurnal Penelitian Sosial dan

Ekonomi Kehutanan : Volume 2 No.1, Bogor.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2000. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran,

Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. PT.Prenhallindo,

Jakarta.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid I. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Leni Sugiyowati, Karno, Titik Ekowati. 2014. Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Aren di Kabupaten Kendal. Jurnal

Lynn, 2003. Pembangunan Pertanian Memiliki Kontribusi yang Sangat

Besar. Salemba Emmpat. Yogyakarta.

Nazir, P. 2011. Metode Penelitian. In P. Moh. Nazir, Metode penelitian (p.54). Bogor: Ghalia Indonesia.

Panggabean, E. 2011. Buku Pintar Kopi. PT. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 33/Permentan/OT.140/7/2013 tanggal 01 September 2015 tentang Pengembangan Perkebunan melalui

Program Revitalisasi Perkebunan. Akses tanggal 1 September 2015.

Ciamis.

Rahim, A dan Hastuti, D. 2007. Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Fakultas

Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah Malang Press. Malang.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

________ 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sumarwono, Kristiyo. 2012. Praktek GAP pada Budidaya Tanaman,

http://badandiklat.jatengprov.go.id/in dex.php?p=wi&m=dt&id=43. Akses tanggal 1 September 2015. Ciamis.

Sumita, 2002. Industri Kopi Perlu Paradigma Baru. Kopi Indonesia Edisi 110/Th IX/September-Oktober 2002, p:18- 19.

Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia :

Beberapa Isu Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia.

UPTD Perkebunan dan Kehutanan Banjarsari. 2013. Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD) 2009 –2014 : UPTD

Perkebunan dan Kerhutanan Wilayah Banjarsari Kabupaten Ciamis.

______ 2013. Penyusunan Road Map Komoditas Unggulan Perkebunan

(Kopi Arabika) Kabupaten Ciamis. Ciamis: Dinas Pertanian, Perkebunan

dan Perhutanan Kabupaten Ciamis.

______ 2013. Programa Penyuluhan Pertanian Kabupaten Ciamis.

Ciamis: Pemkab Ciamis –Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perhutanan Kabupaten Ciamis.

______ 2013. Grand Design Pembangunan Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2009-2014. Ciamis: Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perhutanan

Kabupaten Ciamis.

Widianti, Noor dan Goni. 2008. Agribisnis Tanaman Perkebunan. Penebar

Swadaya. Jakarta.

Wirartha, I Made. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi.

Yogyakarata.

Wirosuhardjo, K. 2004. Dasar-dasar Demografi. FEUI, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i2.710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: