ANALISIS SALURAN PEMASARAN KEDELAI (Studi Kasus Pada Kelompoktani Munding Bule di Desa Langkapsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis)

Rian Kurnia, Yus Rusman, Tito Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kedelai dari produsen sampai ke konsumen, biaya pemasaran, marjin pemasaran dan keuntungan pemasaran kedelai untuk setiap tingkatan lembaga pemasaran, dan bagian harga yang diterima petani (Farmer’s share) dari harga yang dibayarkan konsumen akhir. Sampling lokasi ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan Desa Langkapsari merupakan penghasil kedelai terbesar di Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Sedangkan petani responden diambil dengan cara sensus pada Kelompoktani Munding Bule sebanyak 64 orang, dan sampling lembaga pemasaran menggunakan snowballs sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:
1. Terdapat 3 saluran pemasaran dari produsen sampai ke konsumen yang menggunakan saluran 2 tingkat dan saluran 3 tingkat.
2. Biaya pemasaran pada saluran 1 adalah Rp 783,96,- per ikat, saluran 2 Rp 710,94,- per kilogram, saluran 3 Rp 439,18,- per kilogram sedangkan marjin pemasaran pada saluran 1 Rp 1.314,06,- per ikat, saluran 2 Rp 1.500,- per kilogram, saluran 3 sebesar Rp 1.000,- per kilogram dengan keuntungan pemasaran pada saluran 1 sebesar Rp 530,10,- per ikat, saluran 2 Rp 789,06,- per kilogram, saluran 3 Rp 560,82,- 3. farmer’s share saluran 1 sebesar 12,39 persen, saluran 2 sebesar 81,25, dan saluran 3 sebesar 86,67 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.
Kata kunci : Pemasaran, Kedelai


Full Text:

PDF

References


Angipora, M. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo

Persada. Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Badan Litbang Pertanian. 2005. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kedelai. Bogor. Departemen Pertanian.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. 2014. Laporan

Tahunan. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis.

Handayani, S.M dan I. Nurlaila. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar

di Kabupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan Vol. 9 (1). Akses

tanggal 1 September 2015. Ciamis.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Nasehudin, T. dan Gozali, N. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabetha. Bandung.

Sholihah, H. Imam Hidayat, S dan Yuliati, N. Persepsi Dan Sikap Nasabah

Dalam Memperoleh Kredit Usaha Agribisnis Pada Bank Konvensional

Dan Bank Syariah. JSEP Vol. 7 No. 1 Juli 2014:1-8

Yutimah, Herdiansah, D. dan Pardani, C. 2015. Analisis Pemasaran Pala

(Myristica Fragran Houtt). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO

GALUH Volume 2 Nomor 1, September 2015:61-67




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i2.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.