ADOPSI INOVASI INTERNET PADA PEMASARAN PADI DI DESA IKER-IKER KECAMATAN CERME KABUPATEN GRESIK

Hilda Bagas Noveri, Mubarokah Mubarokah, Nuriah Yuliati

Abstract


Penggunaan teknologi internet dalam sektor pertanian dapat memberikan alternatif pilihan bagi para petani khususnya pada sektor pemasaran, petani dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen serta kemudahan dalam mencari informasi tentang pasar yang mereka butuhkan untuk mendukung keberlanjutan pertanian komersial dan berkontribusi pada pencapaian ketahanan pangan yang tinggi. Namun pada kenyataanya tingkat peggunaan internet oleh petani masih sangat rendah menurut BPS jumlah petani Kabupaten Gresik yang telah menggunakan internet kurang dari 15%. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan persepsi petani padi Desa Iker-Iker terhadap penggunaan internet sebagai sarana pemasaran produksinya (2) Menganalisis tingkat adopsi inovasi dalam penggunaan internet pada proses pemasaran hasil produksi padi di Desa Iker-Iker. Penelitian ini melibatkan 58 sample dari keseluruhan populasi petani data di analisis dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan alat ukur skala likert untuk melihat persepsi petani terhadap internet sebagai saluran pemasaran padi dengan menggunakan beberpa indikator dan melihat tingkat adopsi yang dilakukan oleh petani padi Desa Iker-Iker Geger dengan metode tingkat adopsi teknologi dengan beberapa jenis aplikasi yang telah di berikan. Penilaian terhadap fungsi internet sebagai saluran pemasaran mayoritas mendapatkan kategori yang kurang baik dimana mayoritas petani masih belum menggunakan internet sebagai saluran pemasaran melainkan hanya sebagai media hiburan, untuk tingkat adopsi sendiri hanya 10 orang petani atau 17,3% saja yang menggunakan Internet sedangkan yang tidak menggunakan internet sebagai saluran pemasaran sebanyak 48 orang atau sekitar 82,7% dari jumlah sampel, untuk jumlah aplikasi yang paling banyak di adopsi adalah Whatsapp namun sebagai media komunikasi dengan keluarga.

Keywords


Adopsi, Inovasi, Internet, Pemasaran, Padi

References


Bahtiar, R. A. (2020) ‘Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]’, Ekonomi & Kebijakan Publik, 11(1), pp. 13–25. Available at:http://jurnal.dpr.go.id/index.php/ekp/article/view/1485.

Chhachhar, A. R. et al. (2014) ‘Communication Technologies in Agriculture Development’, Journal of Basic and Applied Scientific Research, 4(1), pp. 281–288.

Damanik, I. P. N. and Meilvis, E. T. (2020) ‘Perilaku Komunikasi Petani dan Strategi Penguatan Kapasitas Mengakses Informasi Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Ambon’, Jurnal Penyuluhan, 16(01), pp. 92–104.

Delima, R. (2016) ‘Analisis Kondisi Dan Kesiapan Masyarakat Tani Di Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Memanfaatkan Tik Di Bidang Pertanian.’, Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan

Komunikasi (KNASTIK 2016) Yogyakarta,.

Hendayana, R. (2016) ‘Persepsi dan Adopsi Teknologi’, (10), p. 53.

Indraningsih KS. 2017. Strategi Diseminasi Inovasi Pertanian dalam Mendukung Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 35(2).

Kusumadinata, A. A. (2016) ‘Penggunaan Internet di Kalangan Petani Sayur dalam Memperoleh Informasi Pertanian di Kabupaten Cianjur’, Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE), 7(1), pp. 13–24.

Mulyandari RSH. (2011). Cyber Extension Sebagai Media Komunikasi dalam Pemberdayaan Petani Sayuran. [Disertasi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Prayoga, K. (2017) ‘Pemanfaatan Sosial Media Dalam Penyuluhan Pertanian Dan Perikanan Di Indonesia’, Agriekonomika, 6(1). doi: 10.21107/ agriekonomika. v6i1.2680.

Ritter C, Jansen J, Roche S, Kelton DF, Adams CL, Orsel K, Erskine RJ, Benedictus G,Lam TJGM,Barkema HW. 2017. Invited Review: Determinants of Farmers’ Adoption of Management-Based Strategies for Infectious Disease Prevention and Control. Journal of Dairy Science 100(5):3329-3347.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyono, A. and Rahmawati, W. M. (2018) ‘Adopsi Inovasi Budidaya Padi Organik Pada Petani Di Kelompok Appoli ( Aliansi Petani Padi Organik Boyolali )’, The 7th University Research Colloqium 2018, pp. 417–428.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: