ANALISIS SALURAN PEMASARAN BUAH DUKU (Suatu Kasus di Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)

Eman Badruzaman, Soetoro Soetoro, Tito Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mengetahui saluran pemasaran buah duku dari produsen atau petani sampai ke konsumen (2) untuk mengetahui marjin, biaya, keuntungan pemasaran buah duku. Serta (3) perbandingan harga yang diterima petani (Farmer share). Penelitian ini melibatkan 31 orang responden dari pihak petani dan 12 orang respondendari pihak pedagang perantara. Hasil Penelitian menunjukan :1. Saluran pemasaran buah duku di Desa Karanganyar terdapat tiga saluran pemasaran a) Petani buah duku Pedagang pengumpul (Desa Karanganyar) pedagang pengecer (Desa Karangkamulyan) Konsumen.b) Petani buah duku Pedagang pengumpul (Desa Karanganyar) Pedagang Besar(Pasar Ciamis) Pedagang Pengecer konsumen.c) Petani buah duku pedagang pengumpul (Desa Karanganyar)Broker Pedagang besar (Cibitung) Pedagang pengecer (wilayah Cibitung)konsumen.2. Total marjin, biaya dan keuntungan pemasaran buah duku sebagai berikut :a) Total marjin pemasaran pada saluran 1 sebesar Rp 3.700 per kilogram, pada saluran 2 sebesar Rp 4.000 per kilogram, pada saluran 3 sebesar Rp 4.400 per kilogram.b) Total biaya pemasaran pada saluran 1 sebesar Rp 1.100 per kilogram, pada saluran 2 sebesar Rp 1.655 per kilogram, pada saluaran 3 sebesar Rp 1.815 per kilogram.c) Total keuntungan pemasaran pada saluran 1 sebesar Rp 2.600 per kilogram, pada saluran 2 sebesar Rp 2.345 per kilogram, pada saluran 3 sebesar Rp 2.585 per kilogram.3. harga yang diterima petani atau Farmer share pada saluran pemasaran 1sebesar 57,47 % per kilogram, pada saluran pemasaran 2 sebesar 55,56% per kilogram, pada saluran pemasaran 3sebesar 52,63% per kilogram.Kata Kunci : Saluran, Pemasaran, Buah, Duku, Kabupaten Ciamis

Full Text:

PDF

References


Balai Pertanian Perikanan Peternakan dan Kehutanan Kecamatan Cijeungjing. 2013. Laporan Tahunan BP3K Kecamatan Cijeungjing. Ciamis.

Bustomie.2003. Duku Komiring Mengalir ke Jakarta. Majalah Trubus Edisi

September 2003. Penebar Swadaya. Jakarta.

Danil. 2002. Riset pemasaran kontemporer. Edisi bahasa Indonesia. Buku ke 2. Penerbit Salembe. Jakarta.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. 2013. Realisasi Tanam, Panen, dan Produksi Buah-Buahan. Ciamis.

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2000. Manfaat dan Kandungan Buah. Jakarta.

Hasyim, A. 2004. Pengantar Tataniaga Pertanian. Universitas Lampung.

Bandar Lampung.

Karman.2000. Peranan Informasi Pasar Komoditi Pertanian dan AntisipasiPelaksanaan Otonomi Daerah. Universitas Indonesia. Jakarta.

Kohl, R. L. dan Uhl, J. N. 2002. Marketing of Agricultural Products 9th Edision. New Jersey. Prenctice Hall.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran 1. Milenium ed. PT. Prenhallindo Jakarta.

Kotler, P. dan Gery Amstrong. 2001. Prinsif- Prinsif Pemasaran. Jilid Dua Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kotler, P. dan Kevin, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua belas. Edisi Kesatu. Jeresay. Prentice Hall.

Lutony, T. L. 2005. Duku Potensi dan Peluangnya. Kanisius. Yogyakarta.

Sudiyono, Armand. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah

Malang. Malang.

Sugiono, 2009. Pengertian Teknik Sampling. Alfabeta. Bandung.

Soekartawi, 2002. Prinsif Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada.

Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i3.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: