STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU GORENG (Studi Kasus pada Perusahaan Tahu Goreng De Rifa di Desa Cisadap Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis)

Irwan Sandyansah, Yus Rusman, Cecep Pardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan perusahaan tahu goreng De Rifa. 2) Faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman dalam pengembangan perusahaan tahu goreng De Rifa. 3) Alternatif strategi dalam pengembangan perusahaan tahu goreng De Rifa. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan mengambil kasus pada perusahaan tahu goreng De Rifa di Desa Cisadap Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Responden pada penelitian ini adalah pemilik tahu goreng De Rifa yaitu Bapak Dusep. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh Tabel IFAS yaitu 3,00 dengan skor kekuatan 2,40 dan skor kelemahan 0,60. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan tahu goreng De Rifa lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh Tabel EFAS yaitu sebesar 2,85 dengan skor peluang 2,60 dan skor ancaman 0,25. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki oleh tahugoreng De Rifa lebih besar dari faktor ancaman.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1. Faktor kekuatan (Strengths), dalam pengembangan perusahaan tahu goreng De Rifa yaitu memiliki lokasi yang strategis yang mudah dijangkau konsumen, pengalaman perusahaan, kapasitas produksi, ketersediaan bahan baku, kemampuan dalam mengakses modal, dan memiliki merek yang sudah terkenal. Sedangkan yang menjadi Faktor kelemahan (Weaknesses) diantaranya jumlah alat transportasi milik sendiri sedikit, keterbatasan sumber daya/kapabilitas perusahaan, pembuangan limbah perusahaan, pemasaran yang masih terbatas,dan belum adanya riset mendalam terhadap pasar dan pesaing.2. Faktor peluang (Opportunity) berupa : kemajuan teknologi, komunikasi, dan informasi, permintaan pasar, memiliki pelanggan tetap, penetapan lokasi perusahaan strategis, tersedianya sarana transportasi yang baik meliputi jalan dan kendaraan, dan juga daya beli masyarakat. Sedangkan Faktor Ancaman (Threats) berupa adanya persaingan dengan industri sejenis, limbah yang berpengaruh terhadap lingkungan, nilai tukar rupiah yang fluktuatif, danmelemahnya daya beli masyarakat.3. Alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha agroindustri tahu goreng De Rifa yaitu dengan menggunakan strategi SO dimana perusahaan dapat menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi SO yang telah dirumuskan yaitu menjaga dan meningkatkan mutu produk, memperluas pasar, dan, memanfaatkan reputasi merek untuk masuk ke pasar modern.Kata Kunci :Strategi, Agroindustri, Tahu Goreng

Full Text:

PDF

References


Adisarwanto. 2008. Budidaya Kedelai Tropika. Penebar Swadaya. Jakarta.

Cahyadi, W. 2007. Kedelai Khasiat dan Teknologi. PT. Bumi aksara. Jakarta.

Departemen Pertanian Republik Indonesia, 2005. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kedelai. Jakarta

Desa Cisadap. 2016 Data Pengrajin Tahu di Desa Cisadap Tahun 2015. Desa Cisadap.

Disperindag Kabupaten Ciamis. 2016. Data Sentra Agroindustri Tahu di Kabupaten Ciamis Tahun 2015. Ciamis.

_________. 2011.http://id.wikipedia.org/wiki/Tahu (diakses tanggal : 19 Maret 2016)

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, 2012. Rencana Kinerja Tahunan Kementerian Pertanian Tahun 2013. Jakarta.

Kurniati. 2008. Kedelai. Indo Book Citra Media. Bogor.

Kusnandar, T. Mardikanto dan A. Wibowo, 2010. Manajemen agroindustri, Kajian Teori dan Model Kelembagaan Agroindustri Skala Kecil Pedesaan.

Cetakan 1. Surakarta.UNS Press.

Muchtadi, D. 2009. Prinsip Teknologi Pengolahan Pangan Sumber Protein.

Alfabeta. Bandung.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Cetakan 6. Bogor.

Pearce, A. J. and B. R. Robinson. 2008. Manajemen Strategis Edisi 10.Salemba Empat. Jakarta

Rangkuti, F. 2010. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorientasi, konsep, perencanaan strategis untuk Menghadapi Abad 21. Cetakan 16. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Siregar, G. 2014. Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga. Jurnal Agrium Volume 19 No 1. Universitas Muhamadiyah Sumatra Utara. Sumatra Utara.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. ALFABETA. Bandung.

Tjasyono, Bayong. 2004. Klimatologi. ITB. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i3.808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: