Pengaruh Cash Ratio (CR) dan Return on Asset (ROA) Terhadap Kebijakan Dividen

Laila Mughira Al-Qori, Mohamad Apip, Dendy Syaiful Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Cash Ratio (CR) dan Return on Asset (ROA) terhadap Kebijakan Dividen yang di proksi oleh Dividen Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan terhadap 5 perusahaan tersebut sebagai sampel penelitian. Jenis data yang dikumpulkan adalah data sekunder yang berasal dari annual report tahun 2014-2018 melalui www.idx.co.id. Untuk menguji hipotesis kami menggunakan model regresi liner berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Sementara itu Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Sedangkan secara simultan Cash Ratio (CR) dan Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen yang di proksi menggunakan Dividen Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Full Text:

PDF

References


Afas, A., Wardiningsih., Suprihatmi, S., & Utami, S.S. (2017). Pengaruh Cash Ratio, Return on Assets,Growth, Debtto Equity Ratio, Firm Size, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(2), 284-299.

Ambarwati, S.D.A. (2010). Manajemen Keuangan Lanjutan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha ilmu.

Arshanda, S.A. (2011). Analisis Pengaruh Return Oon Asset, Debt To Equity Ratio,Growth,Firm Size, dan Cash Ratio Terhadap Diviend Payout Ratio (Studi8 Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listed Di BEI Periode 2005-2008). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Belkaoui, A.R. (2006). Accounting Theory: Teori Akuntansi. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E.F., & Gapenski. (1994). Financial Management: Theory & Practice. Orlando: the Drydeen Press.

Hanafi, M.M. (2013). Manajemen Keuangan.Yogyakarta: BPFE.

Harjito, D.A., & Martono. (2014). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonosia.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Kieso, W., & Warfield, T.D. (2012). Intermediate Accounting. 14th edition. USA: John Wiley & Sons.

Kriscahyadi, H.T. (2013). Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Cash Position, Debt to Equity Ratio dan Company Size Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2008-2010. Q-MAN, 2(7), 81-96.

Marlina, L., & Danica, C. (2009). Analisis Pengaruh Cash Position, Debt ToEquity Ratio, Dan Return on Assets Terhadap Dividend Payout Ratio.Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 1-6.

Rahayuningtyas, S., Suhadak., & Siti.R.H. (2014). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) (Studi PadaPerusahaan Yang Listing Di BEI Tahun 2009-2011). Jurnal Akuntansi Bisnis, 7(2).

Riyanto, B. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sartono, A. 2010. Manajemen Keuangan ”Teori dan Aplikasi”. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Setyanusa, I.B., & Rosmawati. (2013). Pengaruh Return on Asset dan Current Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012). Jurnal elib.unicom.ac.id.

Simatupang, M. (2010). Pengetahuan Praktisi Investasi Sahamdan Reksadana. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wahyuni, S.F., & Hafiz, M.S. (2018). Pengaruh CR, DER dan ROA Terhadap DPR Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syari’ah, 1(2), 25-42.

Wicaksana, I.G.A. (2012). Pengaruh Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return On Asset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Denpasar: Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.