PERAN PENDIDIKAN DI MASA KEPENDUDUKAN JEPANG (1942-1945) TERHADAP PERUBAHAN BUDAYA DI JAWA BARAT

Sigit Sudibyo

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Peran Pendidikan Di Masa Kependudukan Jepang (1942-1945) Terhadap Perubahan Budaya Di Jawa Barat”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pendidikan di masa kependudukan Jepang terhadap perubahan budaya di Jawa Barat, Sesuai dengan masalah tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih jelas peran pendidikan pada masa pendudukan Jepang terhadap perubahan budaya. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian Historis dengan teknik kepustakaan dan dokumen pengumpulan data dilakukan di perpustakaan, serta sumber-sumber Jurnal yang terpecaya yang diambil dari internet. Hasil penelitian ini didapat sesuai dengan 7 unsur budaya yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat yaitu, sistem religi, sistem organisasi, sistem pengetahuan, sistem teknologi dan peralatan, bahasa, dan kesenian. Masa pendudukan Jepang selama tiga setengah tahun merupakan masa yang menentukan salah satu periode yang sangat menentukan bagi bangsa Indonesia. Kebijakan yang paling mempengaruhi budaya yang pemerintah jepang keluarkan dan pendidikan sangat berperan dalam pelaksanaanya khususnya diwilayah Jawa Barat, yang pertama kebijakan Language Planning, bangsa Indonesia diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Jepang. Bangsa Indonesia dilatih dan didik untuk memegang jabatan dan mengatur organisasi pemerintahan, yang akhirnya merubah bahasa nasional yang sebelumnya menggunakan bahasa Belanda. Kebijakan selanjutnya adalah dihapuskannya sistem stratifikasi sosial yang ada didalam masyarakat Indonesia, baik golongan antar golongan maupun status sosial, kebijakan tersebut juga mempengaruhi budaya bangsa Indonesia, yang sudah ada sejak masa Hindu-Budha.

Keywords

Pendidikan, Pendudukan Jepang; Perubahan Budaya: Jawa Barat

References

Ekajati, E. S. dkk. (1998). Sejarah Pendidikan Daerah Jawa Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hapsari, Ratna, M. adil. (2012). Sejarah Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Waajib. Erlangga.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. RinekaCipta.

Permadi, E. G., & Purwaningsih, S. M. (2015). Politik Bahasa Pada Masa Pendudukan Jepang. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah. 3(3), 590–603.

Sofianto, K. (2014). Garut Pada Masa Pemerintahan Pendudukan Jepang (1942-1945). Sosiohumaniora, 16(1). https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v16i1.5684

Wirananggapati, Suganda, dkk. (1992). Sejarah Nasional dan Dunia 2. Galaxy Puspa Mega.

Refbacks