ANALISIS POTENSI DESA DITINJAU DARI SOSIAL BUDAYA KESENIAN TRADISIONAL RONGGENG GUNUNG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA (Studi kasus di desa Ciulu Kec. Banjarsari Kab. Ciamis Jawa Barat)

Dewi Ratih, Wulan Sondarika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi sosial budaya kesenian tradisional Ronggeng Gunung terhadap pendapatan masyarakat prasejahtera. Populasi penelitian adalah pemerintahan Desa Ciulu dan pelaku kesenian ronggeng gunung Bi Raspi dan kawan-kawan. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah; potensi sosial budaya kesenian tradisional Ronggeng Gunung di Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis kurang memberikan dampak baik terhadap perekonomian masyarakat terutama bagi pelaku Ronggeng Gunung itu sendiri karena tidak adanya perhatian dari pihak pemerintah.

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Alrianingrum, Septina. 2016. AVATARA. Surabaya: e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 4, No. 3, Oktober 2016

Majalah Badar No 1/THN I/ Des. 2013. Aset Macet Pemda Ciamis. LSM Badar. Ciamis

Mufidah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Skripsi Mahasiswa UPI

Soleh, Ahmad. 2017. Strategi Pengembangan Potensi Desa. Bandung: Jurnal Sungkai Vol.5 No.1, Edisi Februari 2017

Stockdale, John Joseph. 2014. The Island of Java Sejarah Tanah Jawa. Yogyakarta. Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wildan, Dadan. 2005. Kabupaten Ciamis dalam Perspektif Sejah. Pemerintah Kab. Ciamis bekerjasama dengan LPPM Universitas Galuh Ciamis. Ciamis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.