PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI (Penelitian di Kelas XI-IPA SMA Terpadu Ar-Risalah)

melia pujianti, Adun Rusyana

Sari


Latar belakang penelitian ini adalah: (1) kecakapan berpikir kritis belum ditangani sungguh-sungguh oleh para guru di sekolah, (2) masih rendahnya rasa ingin tahu siswa, sehingga siswa cenderung merasa cepat puas dengan apa yang mereka ketahui, dan (3) siswa masih jarang bertanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah  pengaruh  model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh penggunaan  model  problem based  learning  terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan  model  problem  based  learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah  pre-experimental.  Objek penelitian adalah siswa SMA Terpadu Ar-Risalah Kelas XI-IPA  sebanyak  30 orang. Instrumen  penelitian berupa tes pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator berpikir kritis. Data diolah dengan menggunakan uji z (uji hipotesis) dan n-gain (untuk mengetahui tingkat pengaruh). Berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh positif dan  signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kategori sedang (n-gain = 0,67). Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afandi, dkk. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif Melalui Model Reciprocal Learning Dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. [Online].Tersedia :http://jurnal.pasca.uns.ac.id/1572/1/124-222-1-SM.pdf jurnal pendidikan biologi pbl terhadap kemampuan berpikir kritis. [17 Pebruari 2014].

Arikunto, S. (2012).Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Khoerunisa, N.I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Pada Konsep Ekosistem. [Online].Tersedia :http://repository.upi.edu.com//. [05 Pebruari 2014].

Muzamiroh, M.L. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu.Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rusyana, A. (2014). Menyoal Keterampilan Berpikir & Perkembangan Berpikir Dalam Sains. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Triyuningsih, E. (2006). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. [Online]. Tersedia:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1602/1/101621-EKA%20TRIYUNINGSIH-FITK.pdf. [05 Januari 2014].




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4408

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :