EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Sari
Teks Lengkap:
halam 1-10 (download PDF)Referensi
Anonim. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA. Jakarta. Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Arahmat, Y. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi”. Skripsi, Jember : Universitas Jember
Becker, A.L., (2000). Effect Size (ES). Tersedia: http://www.bwgriffin.com/gsu/courses/edur9131/content/EffectSizeBecker
.pdf. [24 Februari 2020]
Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hake, R.R., (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~hake. [2 Februari 2020]
Hindasti, N. E. K., Suciati., & Baskoro., (2014). “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik Roundhouse Diagram dan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Inkuiri. 3(11):75-85.
Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). “Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(1):113-119.
Mulyono, N. (2015). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqi Nurgana, E. (1985). Statistik untuk Penelitian. Bandung: C.V. PERMADI
Rismawati., Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S., (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta dIdik di SMK Negeri 02 Manokwari”. Jurnal Pendidikan. 8(1):12-25.
Rustaman, N. (2017). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM PRESS Semiawan, C., Tangyong, A.F., Matahelemual, Y., & Suseloardjo, W., (1989).
Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA Sumarta, I. G. B., (2017). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan
Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1):68-77.
Swadarma. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran.
Jakarta: Gramedia.
Ula, W. R. R., (2019). “Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Belaindika Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. 1(2):2-11.
Wahyudi, A., & Marjono, H., (2015). “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014.”. Bio-Pedagogi. 4(1):5-11.
Ware, K., & Eli, R., (2018). “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA”. Jurnal Tadris Kimia. 3(1):42-51.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5327
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.