PENGARUH KARAKTERISTIK PEGAWAI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN

Biren Nurwenda, Eka Teguh Ginanjar, Leti Widiastuti, Yusup Iskandar, Iwan Setiawan

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Karakteristik Pegawai dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian: 1] Bagaimana karakteristik pegawai terhadap prestasi kerja karyawan; 2] Bagaimana motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan; 3] Bagaimana karakteristik pegawai dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survey, dengan pendekatan kuantitatif digunakan Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Regresi Linier.  Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa karakteristik pegawai dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap prestasi kerja karyawan dengan besarnya pengaruh 58% sisanya 42% dipengaruhi faktor lain. Arah pengaruh karakteristik pegawai dan motivasi kerja secara bersama – sama terhadap prestasi kerja mempunyai arah positif, artinya jika karakteristik pegawai dan motivasi kerja secara bersama – sama mengalami pengingkatan maka akan diikuti dengan peningkatan prestasi kerja dengan tingkat keeratan sangat kuat. Diharapkan BSM mempertahankan karakteristik pegawai dan motivasi kerja dengan meningkatkan prestasi kerja karyawan.

Full Text:

PDF

References


Agustini. 2013. Pengelolaan dan Unsur – Unsur Manajemen. Jakarta : Citra Puastaka.

Bangun, Wilson. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Eralangga.

Derwanto, Edu. 2009. Hubungan Antara Motivasi Kerja dengan Prestasi Kerja Karyawan. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Gaffar, Dewi Indar. 2017. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA DI MAKASSAR. Dalam Jurnal Riset Edisi XVI. Vol. 3 No. 005.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia ( Dasar dan Kunci Kerberhasian. Jakarta : Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi

Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handayani, Ratna. 2016. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karywan di Bank Jatim Cabang Lamongan. Dalam Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi. Vol 1 No. 2.

Handoko, T Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta : BPEF-YOGYAKARTA.

Mangkuprawira, T.S. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Manullang, M. 2000. Manajemen Personalia. Edisi 3. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Primadha, Rina. 2008. Peranan Fungsi Manajemen dalam Menciptakan Kondisi Perusahaan yang Sehat Pada PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinakasih Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 1 No. 2.

Ratnasari, Dewi. 2017. Penilaian Prestasi Kerja Karyawan pada Sales Office PT. Garuda Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Palembang. Skripsi. Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang. Tidak diterbitkan.

Rivai, Veithzaldan Ella. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori Ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Setianingsih, Wiwin & Kader, Mukhtar Abdul.(2018). PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU.Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 5 (2),313-320.

Setiawan, Joko. 2013. Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. AWETAMA BINA KERSA. Dalam Jurnal Akademi Manajemen Bisnis (AKMENBIS). Vol II No. 01.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaj Rosdakarya.

Subyantoro, Arief. 2009. Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaaan, Karakteristik Organisasi dan Kepuasan Kerja Pengurus Dimediasi Motivasi Kerja Pada Pengurus KUD di Kabupaten Sleman. Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 11 No. 1 hlm. 11-19.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.

Wahyudi, Hadi. 2017. Pengaruh Karakteristik Individu dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DESA PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Skripsi. Ilmu Manajemen Program Pascasarjana. Universitas Halu Oleo. Kendari.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.

Wirawan. 2017. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Edisi Kedua – Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Yunita, Riska. et. Al. 2014. Pengaruh Karakteristik Individu terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Dalam eJurnal Administrative Reform, Vol. 1 (2) 795-806 hlm. Tersedia : http://www.ar.mian.fisip-unmul.a




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/bemj.v1i1.2006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.