PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT BERPERILAKU DENGAN MODEL FISHBEIN PADA ATRIBUT PRODUK SEPEDA MOTOR MATIC HONDA BEAT FI (Suatu Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Beat FI di Dealer Helmi Hendra Kawali)

Daniel Paroka, Indah Dwi Astuti, Gita Safitri, Elin Herlina, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Sikap Konsumen dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berprilaku Dengan Model Fishbein Pada Atribut Produk Sepeda Motor Honda Beat Fi ( Suatu studi pada Dealer Helmi Hendra Kawali ). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana pengaruh sikap konsumen terhadap minat berprilaku dengan model fishbein ? 2) Bagaimana pengaruh  Norma Subyektif terhadap minat berprilaku dengan model fishbein ? 3)bagaimana pengaruh sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat berprilaku dengan model fishbein pada sepeda motor Honda Beat Fi ?. Adapun Tujuan penelitian ini dalah untuk memperoleh informasi mengenai : 1) mengetahui sikap konsumen terhadap minat berprilaku dengan model fishbein pada sepeda motor Honda Beat fi. .2) Mengetahui  Norma Subyektif terhadap minat berprilaku dengan model fishbein pada sepeda motor Honda Beat Fi. 3) Mengetahui pengaruh sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat berprilaku dengan model fishbein pada sepeda motor Honda Beat Fi.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan metode survei dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis model fishbein dan uji inferensial yaitu koefisien korelasi, determinasi,koefisien korelasi berganda, uji t, uji f dan regresi berganda. Hasil penelitian dan pengolahan data menujukan bahwa : 1) Sikap Konsumen berpengaruh terhadap minat berprilaku, dengan atribut tertinggi yaitu suku cadang dan bagasi.2) Norma subyektif tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berperilaku, faktor yang tertinggi dari atribut norma subyektif  yaitu teman.3) sikap konsumen dan norma subyektif berpengaruh signifikan terhadap minat berperilaku dengan model fishbein dan atribut yang banyak mempengaruhi adalah atribut suku cadang,bagasi, dan faktor teman. Peneliti menyarankan Perusahaan sebaiknya meningkatkan promosi baik iklan maupun event yang di adakan oleh Dealer Helmi hendra dalam meningkatkan minat beli konsumen. Untuk dapat meningkatkan minat berperilaku pada produk sepeda motor honda beat fi maka perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan pelayanan dan promosi

Full Text:

PDF

References


Anugrah, Rifki 2011, Pengaruh Sikap Terhadap Produk dan Gaya Hidup Brand Minded Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Blackberry pada Siswa SMA Al-Azhar Bumi Serpong Damai, Diakses tanggal 20 Agustus 2014, dari http://repository.uinjkt.ac.id.

Ayuningtyas (2009) sikap dan kepuasan konsumen teh hijau siap minum merek Nu Green Tea di Kota Jakarta menggunakan alat analisis multiatribut Angka Ideal dan analisis IPA dengan responden sebanyak 100 orang.

Kurniasih Apriliani 2013 Analisis Sikap KonPsumen Berdasarkan Atribut Produk Kamera Dengan Menggunakan Pendekatan Multiatribut Fishbein(Studi Kasus Pada Konsumen Kamera Mirrorless Fujifilm X-A1 dan X-M1).

Manajemen : http://digilib.unila.ac.id/3513/16/BAB%20II.pdf.

Malayu 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Pemasaran:https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/4664/Bab 2.pdf?sequence=10.

Sikap konsumen : https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/4093

Sugiyono 2014. Metode Penelitian. Bandung : ALFABETA, CV.

Kader, Mukhtar Abdul, Mulyatini, Nurdiana & Setianingsih, Wiwin(2018), MODEL PEMASARAN DIGITAL MARKETING FB_Ads dan EMAIL MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 5 (2),299-305,

Kotler, Philip dan Amstrong, Gari 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I Edisi 12, Erlangga, Jakarta.

Philip kotller Garry Amstrong. Manajemen Pemasaran. ERLANGGA. Jakarta. 2001.

Philip Kotler Gerry amstrong. Manajemen Pemasaran. ERLANGGA. Jakarta. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/bemj.v1i1.2009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.