PENGARUH RETURN ON EQUITY DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP PERTUMBUHAN HARGA SAHAM (Studi Kasus PT. Unilever Indonesia, Tbk)

Defi Firmansyah, Audia Yudistira, Ima Maemunah, Nurdiana Mulyatini, Lia Yulisma

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Return On Equity dan Devidend Payout Ratio Terhadap Pertumbuhan Harga Saham (Suatu Studi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2017).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana pengaruh ROE (Return On Equity) terhadap pertumbuhan harga saham di PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ?, 2] Bagaimana pengaruh DPR (Devidend Payout Ratio) terhadap pertumbuhan harga saham di PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ?, 3]. Bagaimana pengaruh ROE (Return On Equity) dan DPR (Devidend Payout Ratio) terhadap pertumbuhan harga saham di PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1]. Pengaruh ROE (Return On Equity) terhadap pertumbuhan harga saham di PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, 2]. Pengaruh DPR (Devidend Payout Ratio) terhadap pertumbuhan  harga saham di PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, 3]. Pengaruh ROE (Return On Equity) dan DPR (Devidend Payout Ratio) terhadap pertumbuhan harga saham di PT. Unilever Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desaian deskriptif kuantitatif dengan teknik studi kepustakaan. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi, Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji hipotesis menggunakan Uji Signifikasi (Uji t dan Uji F). mempertahankan ROE dan DPR yang besar sehingga akan meningkatkan pertumbuhan harga saham, namun perlu menggunakan data yang lebih banyak agar hasil statistiknya lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Alam, S. 2007. Ekonom, Jilid 2. Jakarta:Esis.

Ang, Robert. 2010. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta : Mediasoft Indob,b,nnesia.

Arifin, Johar dan M Fakhruddin. 2001. Kamus Istilah Pasar Modal, Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung:Remaja Rsda Karya.

Brigham, Eugene F, et. Al. (2001). Manajemen Keuangan, alih bahasa Dodo Suharto, Buku Dua, Edisi Delapan. Jakarta:Erlangga.

Buchari, Sitti Suhariana. 2015. Pengaruh ROA, ROE, dan EPS terhadap Harga Saham PT Unilever Indonesia Tbk (Periode 2007-2014). Tersedia di http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6709/1/SITTI%20SUHARIANA%20BUCHARI_opt.pdf

Dewi, Kinanti Virginiawati. 2017. PENGARUH EARNING PER SHARE, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 – 2016. E-Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan

Euardus Tandelilin, MBA, CWM. 2010. Portofolio dan Investasi. Edisi Pertama, Yogyakarta : Kanisius.

Eko, Widodo Suparno. 2017. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung : Alfabet.

Febian, Rahmandia. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2011. Skripsi Pada Program Studi Manajemen FE Universitas Surabaya.

Febrian, Faishal. 2017. Pengaruh Faktor-faktor Fundamental Saham PT. Unilever Indonesia Tbk. Tahun 2008 – 2013. Penulisan Ilmiah Universitas Gunadarma.

Fordanta, Dityasa H. Profitabilitas Unilever Indonesia Masih yang Tertinggi. Tabloid Finansial Kontan. https://investasi.kontan.co.id/news/profitabilitas-unilever-indonesia-masih-yang-tertinggi

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Multivaritate Program SPSS, edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Handoko, T. Hani, Manajemen, edisi kedua, Yogyakarta, BPFE, 2009.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan Berbasis BalancedScorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta : Bumi Aksara.

Harnanto. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPD AMP YKPN.

Hermawan, Kartajaya. 2010. Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta:Esensi Erlangga Group.

Herlina, Elin(2017), PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN MODEL KERJASAMA USAHA MENENGAH KECIL DAN MIKRO DENGAN USAHA BESAR DI KECAMATAN CIKONENG KABUPATEN CIAMIS, Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 1 (1), 71-81

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, edisi Ketujuh. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan (UPP STIM YKPN).

I Gede, Wijaya. dan Anak Agung GS. 2017. Pengaruh EVA, ROE dan DPR Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di BEI. E-Jurnal Manajemen Uud. 6 (9). 2302-8912.

James C, Van Horne dan John M. wachowcz. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Kedua Belas. Jakarta:Salemba Empat.

Jogiyanto. 2012. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketujuh. Yogyakarta:BPFE

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan Edisi Pertama. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.

Luciana, Anisa. 2017. https://bisnis.tempo.co/read/1019643/unilever-beli-saham-perusahaan-kosmetik-korsel-senilai-rp-359-t

Martono, dan Harjito Agus. 2014. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Ekonisia.

Nasarudin, Irsan dan Indra Surya. 2007. Aspek Hukum Pasar Modal di Indonesia. Jakarta:Pranada Media.

Patriawan, Dwiatma. 2011. Analisis Pengaruh Earning Per Share, Return On Equity, dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Universitas Dipoegoro, Semarang. Skripsi.

Sartono, Agus. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : GPFE.

Solihin, Ismail. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Siegel, Jae Shim. 2012. Kamus Istilah Akuntansi, Cetakn Ketiga. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : CV Alfabet.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan, Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonosia.

Wind, Ajeng. 2014. Forensic Accounting. Jakarta:dinia Cerdas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/bemj.v1i1.2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.