PENGARUH RENTABILITAS EKONOMI DAN RENTABILITAS MODAL SENDIRI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk.)

Dwi Noval Bagaskara, Lia Fitria Nurrohman, Ariska Noviyanti Hilda Novia, Roni Marsiana Suhendi, Risna Kartika

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1].Bagaimana pengaruh rentabilitas ekonomi terhadap kinerja keuangan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk?; 2].Bagaimana pengaruh rentabilitas modal sendiri terhadap kinerja keuangan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk?; 3]. Bagaimana pengaruh rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri terhadap kinerja keuangan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ketiga permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis meliputi regresi sederhana, regresi berganda, korelasi sederhana, koefisien determinasi, korelasi berganda, uji t dan uji f. Hasil dari penelitian dan pengolahan data secara parsial rentabilitas ekonomi memiliki pengaruh yang rendah terhadap kinerja keuangan. Sementara kinerja kauengan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; 2]. Secara parsial rentabilitas modal sendiri memiliki pengaruh yang sedang terhadap kinerja keuangan. Sementara kinerja keuangan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; 3]. Secara simultan rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri memiliki pengaruh yang kuat terhadap kinerja keuangan. sedangkan kinerja keuangan masih dipengaruhi oleh faktor lain faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis tersebut hipotesis ditolak. Diharapkan perusahaan mampu mengoptimalkan penggunaan modal, baik berupa modal asing maupun modal sendiri. Dengan demikian maka dapat menghasilkan profitabilitas yang lebih baik lagi dan mencapai kinerja keuangan yang maksimal.

Full Text:

PDF

References


Chasana, AU dan Endang, MG. 2015. Penilaian Kineja Keuangan Perusahaan Menggunakan Analisis Rasio Keuangan dan Konsep Economi Value Added (EVA). Jurnal Administrasi Bisnis. 20 (1).

Chusnul, MK.2016. Analisis Pengaruh Faktor-faktor Kompetensi (Latar Belakang, Pendidikan, Pengalaman, Kompetensi, Teknik)Terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. 1 (1). 2502-3780.

Dewa, AP dan Sitohang S. 2015. Analisis Kinerja Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4 (3).

Fajrin, HP dan Laily N. 2016. Analisis Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (6). 2461-0593.

Handoko, Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta: Cetakan Kesepuluh. BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Cetakan Kesebelas. PT Bumi Aksara.

Harjito, A dan Martono.2014. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Cetakan Keempat. Ekonisia.

Husnan, S dan Pudjiastuti, E. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Cetakan pertama. UPP STIM YKPN.

Kaunang, SA. 2013. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT Cipta Daya Nusantara Manado. Jurnal EMBA. 1 (4). 2303-117.

Lahonda, FY dan Tirayoh, VZ. 2014. Analisis Kinerja Keuangan pada PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Manado. Jurnal EMBA. 2 (1). 2303-1174.

Mulyatini, Nurdiana & Mulyana, Nanang.(2014). PENGARUH KOMPENSASI DAN RENUMERASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI (Studi pada KODIM 0613 Ciamis). Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 4 (1),15-32

Raharjo,AS dan Harnanik. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengelolaan Usaha Koprasi Terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Simpathi di SMPN 1 Comal. Economic Education Analysis Journal. 4 (2). 2252-6544.

Regina, RD dan Soekotjo, H. 2017. Analisis Profitabilitas, Likuiditas dan Aktivitas terhadap Kinerja Keuagan PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 6 (3). 2461-0593.

Rhamadana, RB dan Triyonowati. 2016. Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT H.M Sampoerna Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (7). 2461-0593.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : Cetakan Kesepuluh. BPFE.

Rury, Aprianti. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Ditinjau dari Aspek Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas Pada PT. Surya Teguh Perkasa Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 2 (3). 2355-5408.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Cetakan Keempat. BPFE.

Solihin, Ismail. 2015. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Cetakan Pertama. UPP STIM YKPN.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Cetakan Keempat. Alfabeta.

Susanti, Anita dan Hidayat Imam. 2015. Pengaruh Hutang dan Modal Sendiri Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4 (11).

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Cetakan Kedelapan. Ekonisia.

Widodo. 2017. Metode Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta : Cetakan Pertama. PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/bemj.v1i1.2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.