PENGARUH RASIO STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi Pada PT. Kimia Farma Tbk. Periode 2012 - 2016)

Nursolehudin Nursolehudin, Selji Salgangga, Irma Rahmalika, Nina Herlina, Andi Rustandi

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Rasio Struktur Modal dan Prtofitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi pada PT. Kimia Farma Tbk. Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2012-2016). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana pengaruh rasio struktur modal terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk?; 2]. Bagaimana pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk?; 3]. Bagaimana pengaruh rasio struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  1]. Pengaruh rasio struktur modal terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk; 2]. Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk; 3]. Pengaruh rasio struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deksriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil dari penelitian dan pengelohan data menunjukka bahwa pengaruh rasio struktur modal dan profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada PT. Kimia Farma Tbk dengan besarnya pengaruh 92,16% dan sisanya 7,84% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan PT. Kimia Farma Tbk mempertahankan rasio struktur modal dan profitabilitas sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaannya.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta

Fakhruddin dan Sopian Hadianto. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Buku satu. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Faruk, Mujaddid & Agista, Dina Anggraeni.(2014). ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN ANTARA PT BANK BJB SYARIAH DENGAN PT BANK BJB MELALUI METODE CAMEL (Studi PT Bank BJB Syariah Tasikmalaya dengan PT Bank BJB Tasikmalaya). Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 4 (2),89-93.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Martono dan Harjito, Agus. 2010. Manajemen Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Ekonisia

Ningtias, Deska Nur Ayu. 2016. Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2016). Skripsi pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan. Tidak diterbitkan

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: GPFE

Sjahrial, Dermawan dan Purba, Djahotman. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media

Somad, R dan Priansa, D J. 2014. Manajemen Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: CV Alfabeta

Suad Husnan. 2000, Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang, Yogyakarta: BPFE.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan: Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonosia




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/bemj.v1i1.2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.