PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi pada Bank BCA yang terdaftar di BEI periode 2007-2017)

Irma Nurmalita Sobahi, Enas Enas, Elin Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi pada Bank BCA yang terdaftar di BEI periode 2007-2017). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh Economic Value Added terhadap Nilai Perusahaan; 2]. Pengaruh Market Value Added terhadap Nilai Perusahaan; 3]. Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Nilai Perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis metode statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Uji Regresi Sederhana dan Berganda, Analisis Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1]. Economic Value Added (EVA) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan; 2] Market Value Added (MVA) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan; 3] Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Almaududi, Said. (2016). EVA (economic value added) dan MVA (market value added) serta pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Jurnal ilmiah universitas batanghari jambi vol. 16 no. 3 tahun.

Brigham, Eugene F. dan Joel F Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Lainnya. Edisi Kedua. Cetakan ke-9. Jakarta: KENCANA

Galib, Mukhtar dan Muhammad Hidayat. 2018. Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt. Bosowa Propertindo. VOL. 2 NO. 1.

Hamonangan, Frans dan Dyah Sulistyawati. 2012. Perhitungan Harga Saham Wajar PT. Bank Central Asia, Tbk Dengan Menggunakan Metode Discounted Earning Approach Dan Price To Book Value. Journal of Capital Market and Banking ISSN: 2301 – 4733. Vol. 1. No. 1.

Hanafi, Mahmud M. 2013. Manajemen Keuangan. Edisi 1. Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Edisi Kedua. Cetakan Keduapuluh. Yogyakarta: BPFE.

Harjito, D. Agus, dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: EKONISIA.

Hasibuan, Malayu S. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan Keenam Belas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hefrizal, Muhammad. 2018. Analisis Metode Economic Value Added Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 4. Halaman 64-73.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kurniawan, Theresia Yunianti. 2009. Pengaruh Economic Value Added dan Return On Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Veteran.

Mursalim. 2009. Economic Value Added dan Market Value Added Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan. vol. 13, no. 3. Hal: 498-505 Terakreditasi SK. no. 167/DIKTI/Kep/2007.

Nugraha, Fahmi dan Muhammad Doddy A. Bahtiar. 2013. Pengaruh Return On Equity Dan Economic Value Added Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Menerbitkan Saham Dalam Daftar Efek Syariah). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam. Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI.

Priansa, Donni Juni dan Agus Garnida. 2013. Manajemen Perkantoran. Bandung: Alfabeta.

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, Maryati dan Bida Sari. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRAITH-HUMANIORA. Vol. 2, No. 2. Hal: 69-76.

Riduwan. 2015. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sartono, R. Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Srimindarti, Ceacilia. 2004. Balanced Scorecard Sebagai Alternatiff Untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi. Vol. 3. No 1.

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan ke-26. Bandung: Alfabeta.

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. Edisi 2. Jakarta: PT Indeks.

Suripto. 2015. Manajemen Keuangan; Strategi Penciptaan Nilai Perusahaan Melalui Pendekatan Economic Value Added. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Susetyo, Budi. 2014. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian: Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan MS Office Excel. Bandung: PT Refika Aditama.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA

Syahirar, Cut Sarah dan Maya Febrianty Lantania. 2016. Pengaruh Market Value Added, Economic Value Added, Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), vol. 1, no. 1, Hal: 1-12.

Van Horne, James C. dan John M Wachowicz, Jr. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 13. Buku1. Jakarta: Salemba Empat.

Weston, J. Fred dan Copeland, Thomas E. 2001. Manajemen Keuangan Jilid I, Edisi Kesembilan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Young, S.David dan Stephen F. O’Byrne. 2001. EVA dan Manajemen Berdasarkan Nilai: Panduan Praktis Untuk Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.