PENGARUH DEGREE OF OPERATING LEVERAGE (DOL) DAN DEGREE OF FINANCIAL LEVERAGE (DFL) TERHADAP PROFITABILITAS

Egi Setiawan, Yusup Iskandar, M. Aziz Basari

Abstract


Tujuan studi yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh degree of operating leverage (DOL) dan degree of financial leverage (DFL) terhadap profitabilitas pada PT. Waskita Karya (persero), Tbk periode 2008-2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat utang perusahaan sehingga perusahaan harus menanggung beban bunga pinjaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, korelasi sederhana, korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial degree of operating leverage (DOL) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, degree of financial leverage (DFL) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, dan secara simultan degree of operating leverage (DOL) dan Degree of financial leverage (DFL) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Dengan demikian perusahaan dapat berhati-hati dalam pengambilan keputusan menggunakan sumber dana eksternal. Sehingga investor perlu memperhatikan pula penggunaan utang atas pendapatan sebelum pajak dan pendapatan laba persaham perusahaan agar terhindar dari resiko kerugian investasinya.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuagan Perusahaan dan Pasar Modal.. Jakarta: Edisi Pertama. Mitra Wacana Media.

Hanafi, Mamduh. 2013. Manajemen Keuangan.Yogyakarta : Edisi pertama, cetakan keenam. BPFE-YOGYAKARTA.

Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Depok: Cetakan ke-10. PT. Rajagrafindo Persada.

Lestari, Yunia Anisa, dkk. 2017. Analisis Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan (studi pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar dibursa efek indonesia periode 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.46, No.1.

Martono dan Agus Harjito. 2014. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Edisi kedua cetakan keempat. EKONOSIA.

Nazir. 2013. Metode Penelitian.. Bogor: Cetakan ke depalapan . Ghalia Indonesia.

Pranjoto, Gatot Heru. 2013. Analisis Leverage (Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan Akuisisi). Jurnal NeO-Bis Volume 7, No.1, Juni 2013.

Putra, Indo Ratmana. 2013. Analisis Pengaruh Operating Leverage dan Financial Leverage Terhadap Earning Per Share (EPS) di Perusahaan Properti yang Terdaftar di BEI (2007-2011). Jurnal ilmu manajemen Vol.1,No.1

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Edisi keempat cetakan kesepuluh. BPFE.

Sandita, Riska, Dkk. 2017.Pengaruh Degree of Operating Leverage dan Degree of Financial Leverage terhadap Risiko Sistematis Saham (Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2012-2015). Prosding Manajemen. Vol 3, No.2 ISSN: 2460-7261.

Syamsudin, Lukman. 2011. Manajemen keuangan perusahaan (konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, dan pengambilan keputusan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_______________. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utami, Dina Aprilia. 2017. Analisis Pengaruh Operating Leverage dan Financial Leverage Terhadap Risiko Saham (studi pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar dibursa efek indonesia periode 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.5, No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.