PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2008-2017)

Lita Rukmawanti, Enas Enas, Marlina Nur Lestari

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana ukuran perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 2) Bagaimana profitabilitas pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 3) Bagimana nilai perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 4) Bagimana pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 5) Bagimana pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 6) Bagaimana pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan teknik survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh digunakan analisis koefesien korelasi sederhana dan berganda, analisis koefesien determinasi, analisis regresi linear sederhana dan berganda, uji T, dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) ukuran perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk mengalami penurunan pada tahun 2016 karena total asset menurun. 2) profitabilitas pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk tahun 2008-2017 cenderung mengalami fluktuasi karena total asset cenderung mengalami perubahan. 3) nilai perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk tahun 2008-2017 mengalami fluktuasi karena earning per share (EPS) tidak stabil. 4) ukuran perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk tahun 2008-2017 berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan besar pengaruh 33%. 5) profitabilitas PT. Indofood Sukses Makmur Tbk tahun 2008-2017 berpengaruh negative terhadap nilai perusahaan dengan besar pengaruh 16%. 6) ukuran perusahaan dan profitabilitas PT. Indofood Sukses Makmur Tbk 2008-2017 berpengaruh negative terhadap nilai perusahaan dengan besar pengaruh 64%. Diharapkan PT Indofood Sukses Makmur Tbk dapat meningkatkan kinerjanya agar profitabilitas pada perusahaan dapat meningkat.

Full Text:

PDF

References


Chistiawan YJ dan Tarigan, J. 2007. Kepemilikan Manajeral : Kebijakan Hutang, Kinerja Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 1, Mei 2007, Hal : 1-8.

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo

Indriyani, E. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Akuntansi.Volume 10 (2), Oktober.

Khoiriyah, N. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mindara, S dan Erawati, T. 2014. Pengaruh Earning Per Saham (EPS), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurmal Akuntansi. Vol. 2 Desember.

Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan Edisi Empat. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Rahmawati, AD, Topowijono Dan Sulasmiyati, S. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol. 23 No. 2 Juni.

Rahmawati, ND. 2017. Pengaruh Profitabilitas Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Pada Program Studi Manajemen Fe Unigal. Tidak Diterbitkan

Sartono, A. 2010. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sawir, A. 2004. Analisis Kinerja Keuangan Dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Shelly dan Munzir, E. 2015. Determinan Struktur Modal Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan.Jurnal Manajemen Keuangan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarmizi, R. 2016. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. Volume 7, No. 2, Sepember.

Weston, J.F dan Copeland. 2008. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Yuni Pratiwi, NP, Yudiaatmaja, F dan Suwendra, IW. 2016. Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen.Volume 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.