Pengaruh Organizational Trust dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB) (studi pada PT Telkom Kandatel Banjar)

Virginia Zulyantina Noer Syarif, Nurdiana mulyatini, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh organizational trust dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) (suatu studi pada PT Telkom Kandatel Banjar). Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh organizational trust terhadap organizational citizenship behavior (OCB) di PT Telkom Kandatel Banjar 2). Untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) di PT Telkom Kandatel Banjar 3). Untuk mengetahui pengaruh organizational trust dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) di PT Telkom Kandatel Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey dan asosiatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi, analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, uji Signifikansi Parsial (uji t), dan uji signifikansi simultan (uji f). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa organizational trust dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB)

Full Text:

PDF

References


Altuntas, S., dan Baykal, U. 2010. Relationship between nurses' organizational trust levels and their organizational citizenship behaviors. Journal of Nursing Scholarship, 42, (2), 186-194. Retrieved from doi:10.1111/j.1547-5069.2010.01347.x

Meylandani, Dharing. 2013. Hubungan Iklim Organisasi dan Organizational Citizens Behavioral (OCB) pada Perawat RSUD Kanjuruhan Kepanjen.

Prihatsanti dan Dewi, K.S. 2010. Hubungan Iklim Organisasi dan Organizational Citizens Behavioral (OCB) Gurudi Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 7, (1).

Purwanto, SA. 2015. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif & Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Waspodo, A.W & Minadaniaty, L. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai pada PT. Trubus Swadaya Depok. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, vol. 3, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.