ANALISIS MATERIAL REQUIREMENT PLANNING DAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Suatu Studi Pada PT Tjiwulan Putra Mandiri di Tasikmalaya)

Dede Leni Yuliani, Nurdiana Mulyatini, Elin Herlina

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana Material Requirement Planning pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya?; 2) Bagaimana Manajemen Rantai Pasokan pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya?; 3) Bagaimana Keunggulan Bersaing pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya?; 4) Bagaimana Analisis Material Requirement Planning dan Manjemen Rantai Pasokan dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Material Requirement Planning pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya. 2) Manajemen Rantai Pasokan pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya. 3) Keunggulan Bersaing pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya. 4) Analisis Material Requirement Planning dan Manajemen Rantai Pasokan dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada PT Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunaan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis Reduksi Data, Penyajian Data (Display Data) dan Menarik Kesimpula (Conclusion Drawing/Verification). Hasil dari penelitian dan perolehan data menunjukan bahwa penerapan material requirement planning dan manajemen rantai pasokan dari mulai perencanaan bahan baku hingga pendistribusian produk ke konsumen, dengan menerapkan material requirement planning dan manajemen rantai pasokan terbukti dapat meningkatkan keunggulan bersaing pada PT Tjiwulan Putra Mandiri. Diharapkan PT Tjiwulan Putra Mandiri dapat mempertahankan dan memberikan inovasi pada material requirement planning dan manajemen rantai pasokan, kemudian harus lebih memperhatikan rantai pasokan dalam hal pendistribusian bahan baku agar proses produksi berjalan dengan optimal dan tidak mengalami banyak kendala dan hambatan baik dalam proses produksinya maupun dalam pendistribusiannya yang dapat berdampak baik bagi pendapatan dan dapat tetap mempertahankan keunggulan bersaing.

Full Text:

PDF

References


Herjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi. Edisi ketiga, Revisi. PT Garsindo : Jakarta

Assauri. Sofyan. 2016. Manajemen Operasi ProduksiI. Edisi ketiga.PT Raja Grasindo Persada

Indrajit, Eko. Richardus. 2016. Konsep Manajemen Supply Chain. Jakarta : Grasindo

Djaslim, Saladin. 1999. Unsur-unsur pemasaran. Bandung: CV Mandar Maju

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung

Budhi Cahyono. 2010. : “Peningkatan Performa Perusahaan melalui Integrasi Supply Chain pada Industri kecil di Semarang”. Jurnal Ekonomi Bisnis. Semarang. Fakultas Ekonomi-Universitas Islam Sultan Aggung.

. 2008. Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009-2025. Departemen Perdagangan Republik Indonesia.Depdag RI, 2008.

PL. 2018. Cakupan supply chain management. http://3pl.co.id/cakupan-manajemen-rantai-pasok/ Diakses april. 2018

Assauri. Sofyan. 2016. Manajemen Operasi ProduksiI. Edisi ketiga.PT Raja Grasindo Persada

Bestari, Mitra. 2004. Manajemen Operasi . Edisi pertama. UPFE. Yogyakarta.

Budhi Cahyono. 2010. : “Peningkatan Performa Perusahaan melalui Integrasi Supply Chain pada Industri kecil di Semarang”. Jurnal Ekonomi Bisnis. Semarang. Fakultas Ekonomi-Universitas Islam Sultan Aggung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.