ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BERBASIS KINERJA PADA P. MADANI CIKONENG CIAMIS

Wulan Yuliana, Nurdiana Mulyatini, Elin Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Berbasis Kinerja pada P. Madani Cikoneng Ciamis. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana Implementasi Total Quality Management (TQM) pada P. Madani?; 2]. Bagaimana kinerja perusahaan pada perusahaan P.Madani?; 3]. Bagaimana Analisis Implementasi Total Quality Management berbasis kinerja pada P.Madani Cikoneng Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Implementasi Total Quality Management di P.Madani Cikoneng Ciamis; 2]. Kinerja perusahaan pada perusahaan P.Madani Cikoneng Ciamis; 3]. Analisis Implementasi Total Quality Management berbasis kinerja pada P.Madani Cikoneng Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, sajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Berbasis Kinerja pada P. Madani Cikoneng Ciamis, setelah dianalisis dari segi Total Quality Management (TQM), P. Madani Cikoneng Ciamis berada di peringkat ke dua yaitu, dimana produksi P. Madani Cikoneng Ciamis belum terjadwal  dikarenakan pesanan dari konsumen yang tidak menentu dan banyaknya pesaing baru kemudian kualitas pelayanan yang kurang maksimal dikarenakan kurangnya inovasi dalam segi pengemasan produk. P. Madani Cikoneng Ciamis masih mempunyai peluang yaitu dengan cara meningkatkan kualitas produk dan kinerja di perusahaannya. Diharapkan P. Madani Cikoneng Ciamis bisa mempertahankan analisis Total Quality Management (TQM) yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan kinerja di perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategis. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Kumentas, Cynthia N. 2013. Pengaruh Tqm, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial PT. Pos Indonesia. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal.796-805.

Soewarso, Hardjosoedarmo. 2011. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Publisher.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Surjadi, 2009.Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung : PT. Reflika Aditama

Suyitno. 2016. Peningkatan Sumberdaya Manusia Melalui PenerapanTotal Quality Management. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis | Vol. 4, No. 2, Dec 2016, 150-157 | p-ISSN: 2337-7887.

Tjiptono, Fandy. 2011. Total Quality Management. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wibowo.2016.Manajamen Kinerja. Jakarta : Pt Grapindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.