PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) (STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2007-2017)

Tina Gustina Jubaedah, Enas Enas, Elin Herlina

Abstract


Artikel ini dibuat berdasarkan permasalahan dilapangan yakni Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) adalah faktor yang dapat memepengaruhi suatu bank dalam memperoleh laba yang tercermin dalam rasio Return On Assets (ROA). Artikel ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang terdaftar di BEI periode 2007-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data meliputi Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korealasi Berganda, Analisis Determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial tidak ada pengaruh antara Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap  Return On Assets (ROA) serta secara simultan pun tidak ada pengaruh antara Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA).

Full Text:

PDF

References


Bursa Efek Indonesia. 2018. Laporan Keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Tahun 2007-2017.

Darmawi, Herman. 2014. Manajemen Perbankan. Jakarta : Cetakan ketiga. Bumi Aksara.

Harun, Usman. 2016. Pengaruh Ratio-Ratio Keuangan CAR, LDR, NIM, BOPO, NPL Terhadap ROA. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 ,No.1, 2016: 67-82.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Cetakan kedelapan. Ekonisia.

Taswan, (Cand). 2010. Manajemen Perbankan Konsep, Teknik dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.