PENGARUH PROGRAM OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Bagian UPTD Laboratorium dan Peralatan Ciamis)

Rega Andri Rahayu, Renny Sri Purwanti, Iyus Yustini

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Program Occupational Health and Safety Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Bagian UPTD Laboratorium dan Peralatan Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam peneitian ini adalah meliputi: 1) Bagaimana pengaruh program occupational health and safety pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Bagian UPTD Laboratorium dan Peralatan Ciamis?; 2) Bagaimana kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Bagian UPTD Laboratorium dan Peralatan Ciamis?; Bagaimana pengaruh program occupational health and safety terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Bagian UPTD Laboratorium dan Peralatan Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling jenuh.Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan (Uji Signifikan atau Uji t). Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa hubungan program occupational health and safety berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Bagian UPTD Laboratorium dan Peralatan Ciamis sangat kuat, dengan uji korelasi sebesar 0,855 dengan tingkat pengaruh sebesar 72,25% dan sisanya merupakan faktor lain yang tidak diteliti.Kata Kunci : Occupational Health and Safety, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Handoko. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Nuraizza, S.Z. 2018. Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Unigal. Tidak diterbitkan.

Kautsar, AI. sb. mam. 2013. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 6 (2). 3. Diakses tanggal 2-12-2013.

Hedianto, R. 2014. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 10 (1). 3-4. Diakses tanggal 1-05-2014.

Marom, A.E dan Sunuharyo, S.B. 2018. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 60 (1). 190. Diakses tanggal 1-07-2018.

Swasto, Bambang. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang : UB Press

Suma’mur. 2001. Keselamatan Kerja dan pencegahan Kecelakaan. Jakarta : Gunung Agung

Moenir, H.A.S. 2006. Pendekatan Manusia dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta : Bumi Aksara

Handoko, T.Hani. Manajamen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Liberty

Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.