PENGARUH KOMPENSASI DENGAN KONSEP PAY FOR POSITION DAN KONSEP PAY FOR COMPETENCE TERHADAP KEPUASAN KERJA (ASN) DI RSUD KABUPATEN CIAMIS

Ria Awalia Rahman, Renny Sri Purwanti, Iyus Yustini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya rasa kepuasan terhadap gaji yang diterima pegawai, pemberian tunjangan jabatan struktural lebih besar daripada jabatan fungsional sehingga menyebabkan adanya kompetisi,selain itu kompetensi pegawai yang kurang profesional terlihat dari pelayanannya yang kurang maksimal, dan kurangnya rasa tanggung jawab atas pekerjaan mengakibatkan banyak evaluasi kinerja yang sering dilakukan untuk pegawai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1.) Bagaimana pengaruh kompensasi dengan konsep pay for position terhadap kepuasan kerja pegawai? 2.) Bagaimana pengaruh kompensasi dengan konsep pay for competence terhadap kepuasan kerja pegawai? 3.) Bagaimana pengaruh kompensasi dengan konsep pay for position dan pay for competence terhadap kepuasan kerja pegawai?.            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif verifikatif. Jumlah populasi yang dijadikan objek penelitian adalah pegawai (ASN) di RSUD Kabupaten Ciamis yaitu sebanyak 376 orang. Ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 79 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi,wawancara,angket).      Berdasarkan  hasil penelitian bahwa : 1.) Terdapat  hubungan kompensasi dengan konsep pay for position terhadap kepuasan kerja pegawai dengan tingkat pengaruh sebesar 25,40% sedangkan 74,60% dipengaruhi oleh faktor lain. 2.) Terdapat hubungan kompensasi dengan konsep pay for competence terhadap kepuasan kerja dengan tingkat pengaruh sebesar 41,73% sedangkan 58,27% dipengaruhi oleh faktor lain. 3.) Terdapat hubungan kompensasi dengan konsep pay for competence dan pay for competence terhadap kepuasan kerja pegawai dengan hasil uji korelasi sebesar 0,681 yang memiliki tingkat hubungan kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 46,37%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji  diperoleh bobot f hitung = 32,8639  sedangkan bobot f tabel = 3,12. Jadi dari hasil perhitungan ternyata kompensasi dengan konsep pay for competence dan pay for competence berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai. Sehingga dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima/teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Bkd Provinsi Riau, 2016. Peraturan Mentri Aparatur Negara. www.bkd.riau.go.id

(Diakses 3 Juli 2016 )

Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Klaten : PT.Macanan Jaya Cemerlang.

Editor SPN, 2017.Fasilitas Penunjang Kesejahteraan bagi Pekerja. www.spn.or.id/fasilitas-penunjang-kesejahteraan-bagi-pekerjaburuh/amp/ (diakses tanggal 3 mei 2017)

Eugene, Mckenna. 2006. Diterjemahkan oleh Toto Budi Santoso, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Hadi, Luqman. 2018. Kompensasi Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Volume

H. Malayu S.P Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Kaswan.2017.Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung : PT.Alfabeta.

Kusrini, Reny. 2015. Pengaruh Kompensasi Finansal Dan Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Non-PNS Di RSUD Kab.Ciamis. Fakultas Ekonomi. Universitas Galuh Ciamis.

Leonardo, Edrick dkk. 2015. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Kopanita. Volume 3, No.2.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung PT.Alfabeta.

Maulani, Novi. 2009. Pengaruh Kompensasi Dengan Konsep 3p (Pay For Position, Pay For Competence, Pay For Performance ) Terhadap Kepuasan kerja di Hotel Pariwisata Selabintana Sukabumi. Fakultas Ekonomi. Institut Pertanian Bogor.

Mulyana,Nanang. 2013. Pengaruh Kompensasi Dan Remunerasi Terhadap Motivasi Kerja Studi Pada Kodim 06.13 Ciamis. Fakultas Ekonomi. Universitas Galuh Ciamis.

Priansa, Juni,Doni. 2013. Manajemen Kantor. Bandung : PT.Alfabeta.

Prayogo, Priyo, Lucky. 2009, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward Karyawan Menggunakan Metode Profile Matching Pada Rumah Makan Pondok Alam.

Priansa, Juni,Doni.2013. Manajemen Kantor. Bandung : PT.Alfabeta.

S.Schuler, Randall dan Susan E Jackson. Manajemen Sumber Daya Manusia (Menghadapi abad ke-21) .1997. PT.Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D. Bandung. PT.Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung.PT.Alfabeta.

Umar,Fanur,Indra.2013. Pengaruh Kompensasi Dengan Konsep 3p (Pay For Position, Pay For Competence, Pay For Performance ) Terhadap Kepuasan kerja di PT.PLN Jasa Sertifikasi Jakarta. Fakultas Ekonomi. Institut Pertanian Bogor.

Wiley. 2007. Research Methods for Bussines. Bandung. Salemba Empat.

Yusuf, Burhanudin. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah. Depok. PT.Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.