PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Suatu Studi pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran)

Anisa Minarika, Renny Purwanti, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kinerja karyawan yang dibuktikan dengan  masih terdapat keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan sehingga pekerjaan tidak selesai dalam waktu yang telah ditentukan serta masih adanya pegawai yang  mengalami kesalahan-kesalahan dalam bekerja yang diakibatkan oleh belum optimalnya pemeliharaan work family conflict dan work life balance pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Bagaimana pengaruh work family conflict terhadap kinerja karyawan pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran?; 2) Bagaimana pengaruh work life balance terhadap kinerja karyawan pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran?; 3) Bagaimana pengaruh work family conflict dan work life balance terhadap kinerja karyawan pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran?Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah pegawai yaitu sebanyak 712 orang. Ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 88 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan angket). Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) Work family conflict pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran termasuk dalam kategori cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa work family conflict dengan kinerja karyawan memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Begitu pula berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa  thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya work family conflict berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian maka semakin baik tingkat pemeliharaan  work family conflict maka kinerja karyawan semakin meningkat; 2) Work life balance pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran termasuk dalam kategori cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji korelasi menunjukan bahwa work life balance dengan kinerja karyawan memiliki tingkat hubungan yang kuat. Begitu pula berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa  thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya work life balance berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian maka semakin baik tingkat pemeliharaan work life balance maka kinerja karyawan semakin meningkat; 3) Kinerja karyawan   pada PT. Pacific Eastern Coconut Utama Pangandaran termasuk dalam kategori  tinggi. Secara simultan work family conflict dan work life balance  memiliki hubungan yang sangat kuat dengan kinerja karyawan. Begitu pula berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui hipotesis diterima, artinya  terdapat pengaruh positif work family conflict dan work life balance terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian maka semakin baik pemeliharaan work family conflict dan work life balance  maka kinerja karyawan  semakin meningkat.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Aminah. 2011. Work-family conflict and social support: A study of female secretaries in Malaysia. Pertanika Journal of Social Science and Humanities, 5(2), 93-101

Armstrong, M. and Baron, A. 2008. Performance Management–The New Realities. London: Institute of Personnel and Development.

Arinta, I. L., Azwar, S. 2013. Peran Jenis Androgini dan Konflik Peran Ganda Pada Ibu Bekerja. Jurnal Psikologi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Gamble, Michael and Teri Kwal Gamble. 2009. Communication Work 8th edition, New York :McGraw-Hill.

Griffin, Jill. 2009. Customer Loyalty: How to Learn It, How to Keep It. Jakarta. Erlangga.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi. Kedua,Yogyakarta, Penerbit : BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

______. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hayman, J. 2010. Psychometric assessment of an instrument designed to measure work life balance. Research and Practice in Human Resource Management, 13 (1), 85-91.

Lockwood, N. R. 2008. Employee engagement, SHRM Research Briefly Stated, diunduh dari www.shrm.org pada 11 Juni 2008.

Luthans, Fred. 2008. Organizztional Behavior. McGraw-Hill Companies,Inc. New. York.

Malthis, R.L dan Jackson. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Michel et. all. 2011. The Effect of IFRS on Financial Ratios: Early Evidence in Canada. Certified General Accountants Association of Canada: Canada.

Purnamasari. 2008. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Akuntan. Jurnal Riset Akuntansi & keuangan. Vol.4.No.1 Februari 2008:22-31.

Robbins, Stephen. 2008. Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh), Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta : Salemba Empat.

Rohmah. 2015. Pengaruh Keputusan Investasi Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro semarang.

Salam. 2007. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), Jakarta: Ghalia,

Schermerhon, R.J., et al. 2009. Managing organizational behavior. New York: John Willey and Sons Inc.

Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Susanto. 2010. Sistem Informasi 1, Pendekatan Normal Praktiuka Penyusunan Metode dan Prosedur, Edisi 5, Bandung : Lingga Jaya.

Syamsuddin Vismaia& Damayanti, S. 2011. Metode Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya..

Ula, I. I., Susilawati, I. R., & Widyasari. 2015. Hubungan antara career capital dan work-life balance pada karyawan di PT Petrokimia Gresik. Journal of Psychology.

Wibowo, 2009. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.