PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR BERTEKNOLOGI FI pada PT Daya Anugerah Mandiri

Gugun Gunawan, Dr. H. Oyon Saryono, Mujaddid Faruk S.E., M.M.

Abstract


ABSTRAKGugun Gunawan, NIM. 3402150044. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Motor Berteknologi FI (Suatu Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Oyon Saryono, Drs.,M.M. (Pembimbing 1) dan Bapak Mujaddid Faruk, S.E.,M.M. (Pembimbing II)Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Motor Berteknologi FI (Suatu Studi Pada PT Daya Anugrah Mandiri)Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana green marketing pada perusahaan PT. Daya Anugrah Mandiri? 2].Bagaimana keputusan pembelian pada PT Daya Anugrah Mandiri? 3]. Bagaimana pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian motor berteknologi PGM FI pada PT Daya Anugrah Mandiri? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Green Marketing pada perusahaan PT. Daya Anugrah Mandiri. 2]. Keputusan pembelian pada PT Daya Anugrah Mandiri. 3]. Untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian motor berteknologi PGM FI pada PT Daya Anugrah Mandiri.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik metode survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi sederhana, Uji koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikasi (Uji t).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa  green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Daya Anugrah Mandiri dengan besar pengaruh 11,56% dan sisanya 88,44% dipengaruhi oleh faktor lain.Diharapkan PT. Daya Anugrah Mandiri mempertahankan green marketing pada keputusan pembelian sehingga akan meningkatkan pembeliannya, namun demikian perusahaan perlu lebih memperhatikan peningkatan kedepannya.Kata Kunci : Green Marketing, Keputusan Pembelian, dan Manajemen Pemasaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budianto, 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak: Yogyakarta.

Hariyadi 2009, Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix.

Indriantoro dan Supomo, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Yogyakarta; Penerbit BFEE UGM.

Ismail Solihin, 2009, Corporate Social Responsibility, Penerbit Salemba Empat 2009.

John Grant, 2009, The Green Marketing Manifesto

Kampani, Poppy dkk.(2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Mobil (Studi Pada Konsumen Pt Astra International Tbk.–Tso Malang Sutoyo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 12 No. 1 Juli 2014.

Kotler dan Amstrong, 2016, Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid

Kusumastuti, Y.I. (2011). Komunikasi Bisnis. IPB Press Bogor.

Pride dan Farrel, 2013. Marketing Principles. Edisi Terjemahan. Jakarta.

Purnama (2014) Pengaruh Produk Ramah Lingkungan, Atribut Merk Hijau, Keputusan Pembelian Produk Amdk The Effect Of Green Product, Green Brand Attribute, Green Advertising And Premium Price Perception On Purchasing Decision Of Mineral Bottled Water. (Sumber: Jurnal)

Robbins, Stephen P.and Coulter,Mary. 2012 Management. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Sangadji, E.m., dan Shopiah 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta. Andi.

Siswanto. 2011. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrartif dan Operasional. Jakarta:Bumi Aksara.

Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Prentice Hall. Jakarta.

Shinta, Agustina. 2011. Perilaku Konsumen: Afeksi Konsumen. Malang: Lab Manajemen Agribisnis/Fakultas pertanian-Universitas Brawijaya

Stoner James, dkk, 2005, Manajemen, Edisi Indonesia, Penerbit PT Prenhallindo, jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. CV. Mandar Maju, Bandung.

Waskito (2014) Model Meningkatkan Niat Pembelian Konsumen Pada Produk Ramah Lingkungan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5633) Sumber Web.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.