Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen

Dewi Rahmawati, Aini Kusniawati, Kasman kasman

Abstract


ABSTRAKPengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Smartphone Samsung. Dewi Rahmawati, 2016. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M., (Pembimbing I) Dan Bapak Kasman,Drs.,M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya identitas merek dalam penjualan smartphone samsung sehingga smartphone dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi/naik turunnya penjualan smartphone. Selain itu Konsumen masih kurang mampu membedakan simbol/logo atau slogan merek produk dengan merek pesaing, konsumen sangat sulit di jaga kesetiaannya, loyalitas pada smartphone samsung masih rendah. Berdasarkan latarbelakang di atas, untuk membatasi masalah yang diteliti penulis merumuskan tujuan sebagai berikut: 1) Besarnya pengaruh identitas merek pada smartphone samsung di Albani Celluler; 2) Besarnya pengaruh loyalitas konsumen pada smartphone samsung di Albani Celluler; 3) Besarnya pengaruh identitas merek terhadap loyalitas konsumen pada smartphone samsung di Albani Celluler;Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan teknik survey. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah seluruh konsumen yang berkunjung ke Albani Celuller sejumlah 1077 orang pertahun, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 79 orang.Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Identitas merek pada Albani Celuller Rajadesa termasuk kategori cukup baik; 2) Loyalitas konsumen pada Albani Celuller Rajadesa termasuk kategori baik; 3) identitas merek memiliki hubungan dengan loyalitas konsumen dengan hasil uji korelasi sebesar 0,51 yang memiliki tingkat hubungan sedang/cukup kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 25%. Jadi dari hasil perhitungan ternyata identitas merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima/teruji kebenarannya. Mengingat identitas merek berpengaruh pada loyalitas konsumen maka sebaiknya pihak perusahaan lebih meningkatkan identitas merek untuk menguasai pasar dengan memaksimalkan produk yang di pasarkan, sehingga tingkat loyalitas konsumen akan lebih meningkat. Kata kunci : identitas merek dan loyalitas konsumen

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, Fitri. 2015. “Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Koran Harian Riau Pos”.JOM FISIP Vo.3. No.1 Febuari 2015.

Anjani, Arin. 2017. “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Konsumen Lipstik Revlon di Yogyakarta)”. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Annisa, Mira. 2016. “Pengaruh Citra Merek. Kepercayaan Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus pada Pelanggan Pos Indonesia di Fakultas Ekonomi Univeersitas Negeri Yogyakata)”. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Beatrice Clementia Halim, Diah Dharmayanti, S.E., M.Si., dan Ritzky Karina M.R. Brahmana, S.E., M.A. 2014. “Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Intention Pada Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-11

Budianto, Apri.2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Cindy Fransisca Tingkir. 2014. “pengaruh identitas merek terhadap loyalitas merek melalui citra merek dan kepercayaan merek toyota. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014 .

Hasibuan, Malayu, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Kotler dan Amstrong.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Earlangga.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Earlangga.

Nurina Prisilia Chrisandi. 2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.1 (2014)

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pusaka Setia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif, dan R&D. Bandang: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.