PENGARUH INOVASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya)

winda ayu lestari, Apri Budianto, Iwan Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing (Suatu Studi pada payung geulis mandiri tasikmalaya). Adapun rumusan masalah sebagai berikut : 1]. Bagaimana pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing di Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya?; 2]. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing di Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya?; 3]. Bagaimana pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing di Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing pada produk Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya; 2]. Pengaruh Kualitas produk terhadap keunggulan bersaing Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya; 3]. Besarnya pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada produk Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis dan Uji Signifikan (Uji t) dan (Uji f).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa inovasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya dengan nilai koefisien determinasi sebesar 18,49% dan sisanya 81,51% dipengaruhi oleh faktor lain, Kemudian kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada payung geulis mandiri Tasikmalaya sebesar 20,25% sisanya 79,75% dipengaruhi oleh faktor lain, Serta terdapat pengaruh signifikan inovasi dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya dengan nilai koefisien determinasi sebesar 33,64%, sisanya 66,36% dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Gibran. 2014. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Fectory Outler The Summit Bandung. Skripsi Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Bandung.

Kotler dan Amstrong, 2005. Manajemen Pemasaran, Prehalindo, Jakarta

Kotler, Amstronng. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kurniasari, Rika Dewi, 2018. Pengaruh Inovasi Produk Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing, Studi Kasus Pada Produk Kerajinan Eceng Gondok “AKAR”. Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak di Terbitkan.

Porter, 1990, Keunggulan Bersaing, Tim Penerjemah Binarupa Aksara, Jakarta: Binarupa Aksara

Reniati, 2013. Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Bisnis Sebuah Desain, Kreativitas Organisasi, Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar, Studi Pada Industri Batik Pesisir Di Cirebon. Jurnal Of Economics And Busniness, Vol 2 No. 2, Agustus.

S. Netty Laura, 2017, Pengaruh Kualitas produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal of Manajemen and Business Review. Vol. 14, No.2, 2017:258-284.

Sugandini, Dyah. 2012. Karakteristik inovasi, pengetahuan konsumen, kecukupan informasi, persepsi resiko, dan kelangkaan dalam penundaan adopsi inovasi pada masyarakat miskin. UNiversitas Gajah Mada. Yogyakarta. Tidak di Terbitkan

Suharsimi, Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. Alfabet

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung, Alfabet

Sutrasmawati, Endang, 2008. Pengaruh Kompetisi Produk Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis Ekonomi (JBE) Vol. 15, No. 2.

Yamit, 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekorisia

Produk Kerajinan Eceng Gondok “AKAR”. Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak di Terbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.