ANALISIS MANAJEMEN RANTAI PASOKAN DALAM MENINGKATKAN PERFORMA BISNIS (Studi Pada Pabrik Roti Java Family Bakery Banjar Anyar Kabupaten Ciamis)

Desi Indriani, Nurdiana Mulyatini, Elin Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Manajemen Rantai Pasokan dalam Meningkatkan Performa Bisnis (Studi pada Pabrik Roti Java Family Bakery Banjar Anyar Kabupaten Ciamis).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana manajemen rantai pasokan pabrik roti pada Java Family Bakery banjar anyar kabupaten ciamis?; 2] Bagaimana performa bisnis pabrik roti pada java family bakery banjar anyar kabupaten ciamis?; 3] Bagaimana analisis manajemen rantai pasokan pabrik roti dalam meningkatkan performa bisnis pada java family bakery abnjar anyar kabupaten ciamis?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1] Untuk mengetahui dan menganalisis manajemen rantai pasokan pabrik roti pada Java Family Bakery Banjar Anyar Kabupaten Ciamis. 2] Untuk mengetahui dan menganalisis performa bisnis pabrik roti pada Java Family Bakery Banjar Anyar Kabupaten Ciamis. 3]Untuk mengetahui dan menganalisis manajemen rantai pasokan yang digunakan dalam meningkatkan performa bisnis pada pabrik roti Java Family Bakery Banjar Anyar Kabupaten Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan tenik wawancara, penelitian pustaka, penelitian lapangan, penelusiran literatur dan trianggulasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis Reduksi data , Penyajian Data, dan Menarik kesimpulan.Hasil dari penelitian dan perolehan data menunjukan bahwa menerapkan manajemen rantai pasokan mulai dari pembelian bahan baku roti, produksi roti hingga pendistribusian produk dari perusahan hingga sampai pada konsumen, dengan menggunakan metode-metode upstream supply chain, internal supply chain, downstream supply chain terbukti dapat meningkatkan performa bisnis pabrik roti java family bakery banjar anyar kabupaten ciamis pada tahun 2018 mencapai Rp.3.170.440.800.Diharapkan pabrik roti java family bakery dapat mempertahankan dan memberikan inovasi pada sistem manajemen rantai pasokan pabrik roti java family bakery ini dan harus lebih memperhatikan proses upstream supply chain, internal supply chain dan downstream supply chain agar proses produksi berjalan dengan optimal tidak mengalami banyak kendala dan hambatan baik dalam produksinya maupun dengan pendistribusian yang dapat berdampak baik bagi performa bisnis perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Handoko, T.Hani.2009.Manajemen. Cetakan Dua Puluh. Yogyakarta: Penerbit

Eko, Richardus Indrajit, 2016, Supply Chain: Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

Said, dkk, 2006. Produktivitas dan Efisiensi dengan Supply Chain Management. PPM, Jakarta

Turban. 2004. Komponen Supply Chain Manajemen.

Tersedia : https://library .binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2010-1-00605-STIF%202.pdf (Di akses tanggal 13 Januari 2019 pada pukul 09.45)

Banerjee, M., & Mishra, M. (2015). Retail Supply Chain Management Practices in India: A Business Intelligence Perspective. Jurnal of Reatailing and Costumer Sevices, 12.

Rivai dan Basri. 2004. Manfaat Penilaian Kinerja.

Tersedia:(http://jurnalsdm.blogspot.com/2004/04/penilaian-kinerja-karyawan-definisi.html) Diakses tanggal 30 maret pada pukul 13.30

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Mulyana, Deddy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.