PENGARUH ETOS KERJA DAN KONSELING TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI (Suatu Studi pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis)

Rosiyany Pahmawati, nana darna, elin herlina

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan konseling terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis.

 

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh etos kerja terhadap efektivitas kerja pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis?; 2] Bagaiamana pengaruh konseling terhadap efektivitas kerja pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis?; 3] Bagaiman pengaruh etos kerja dan konseling terhadap efektivitas kerja  pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1] Pengaruh etos kerja terhadap efektivitas kerja pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis; 2] Pengaruh konseling terhadap efektivitas kerja pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis; 3] Pengaruh etos kerja dan konseling terhadap efektivitas kerja pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dengan teknik sensus.sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis  Regresi, Analisis Koefisien Korelasi Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji f.

 

Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa etos kerja dan konseling berpengaruh terhadap efektivitas kerja pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis dengan besaran pengaruh 59.29% sedangkan sisanya 40.71% dipengaruhi oleh faktor lain.

Diharapkan etos kerja dan konseling terhadap efektivitas kerja pegawai pada Kantor Dinas Kepndudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis dapat lebih di tingkatkan kembali sehingga efektivitas kerja pegawai dapat lebih meningkat sehingga tujuan dari organisasi dapat tercapai.

 

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad A.S. 2018. Dampak Implementasi Kebijakan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Dan Iimplementasinya Pada Kepuasan Masyarakatdi Rumah Sakit Umum Daerah Type C Kabupaten Tasikmalaya Dan Kabupaten Ciamis. Daiambil dari http://repository.unpas.ac.id/32871/. [21 Desember 2018]

Fuad, A.G. 2016. Pengaruh Koordinasi Toleransi Oleh Kepala Desa Terhadap Evektivitas Kerja Perangkat Desa Di Kantor Kepala Desa Sadananya Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Skripsi pada Studi Administrasi Negara FISIP Unigal.Tidak diterbitkan.

Ginting, Desmon. 2016. Etos Kerja. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Hartono dan Soedarmadji. 2014. Psikologi Konseling. Jakarta : PT.Kencana Prenada Media Group.

Sadarmayanti. 2016. ManajemenStrategi. Bandung: Refika Aditama.

Sinamo.2005.Delapan Etos Kerja Profesional.Jakarta : Spirit Mahardika.

Silalahi, Ulbert. 2011. Asas-asas manajemen. Bandung : PT. Refika Aditama.

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.