PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Suatu Studi pada PT. POS Indonesia [PERSERO] Cabang Banjar)

Diki Furkon Hanapi, SUKOMO SUKOMO, TOTO TOTO

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh knowledge sharing dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja karyawan studi pada PT. POS Indonesia (Persero) Banjar. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Seberapa besar Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan di PT. POS Indonesia (Persero) Banjar? ; 2] Seberapa besar Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan di PT. POS Indonesia (Persero) Banjar? ; 3] Seberapa besar Pengaruh Knowledge Sharing dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawaan di PT. POS Indonesia (Persero) Banjar?. Tujuan penelitian ini meliputi : 1] Besarnya Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan di PT. POS Indonesia (Persero) Banjar. 2] Besarnya Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan di PT. POS Indonesia (Persero) Banjar. 3] Besarnya Pengaruh Knowledge Sharing dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawaan di PT. POS Indonesia (Persero) Banjar. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan data kuantittatif, dengan metode ini meliputi Uji Koefisien Korelasi, Uji Determinasi, Uji T, Uji Koefisien Korelasi Berganda, Regresi Linear Berganda, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1] Pengaruh knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar sebesar 35.40% sementara 64.40% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 2] Pengaruh organizational citizenship behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 23.71% sementara 76.29% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 3) Pengaruh knowledge sharing dan organizational citizenship behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 37.57% sementara 62.43% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, pihak perusahaan lebih memperhatikan dan memberikan penghargaan kepada setiap karyawan yang memiliki perilaku knowledge sharing dan organizational citizenship behavior (OCB) yang lebih menonjol dengan demikian karyawan lain akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Full Text:

PDF

References


Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Mangkunegara,AP. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Ismail. 2012. Manajemen Pengetahuan. Bogor: Ghalia Indonesia

Raharso, S dan Tjahjawati, SS. 2016. Organisasi Berbasis Pengetahuan Melalui Knowledge Sharing. Bandung : Alfabeta,CV

Titisari, Purnamie. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jakarta : Mitra Wacana Media

Yani, Muhammad. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.