Efektivitas Pemberian Tunjangan Kinerja (TUKIN) Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi

Balqis Dhika Mogalana, Dian Purwanti, Yana Fajar Fitri Yana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian tunjangan kinerja terhadap produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Dan dalam hal ini sampel adalah 71 pegawai Aparatur Sipil Negara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien korelasi sederhana, dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2) sebesar 0,909 ini berarti bahwa efektivitas pemberian manfaat kinerja terhadap produktivitas kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi sebesar 90,9. % sisanya 9,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji koefisien korelasi, dapat diketahui bahwa nilai R adalah 0,953, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara efektivitas pemberian manfaat kinerja terhadap produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian tunjangan kinerja terhadap produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Dan dalam hal ini sampel adalah 71 pegawai Aparatur Sipil Negara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien korelasi sederhana, dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2) sebesar 0,909 ini berarti bahwa efektivitas pemberian manfaat kinerja terhadap produktivitas kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi sebesar 90,9. % sisanya 9,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji koefisien korelasi, dapat diketahui bahwa nilai R adalah 0,953, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara efektivitas pemberian manfaat kinerja terhadap produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi.

Full Text:

PDF

References


Buku :

Gomes,Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi.

Purwanto,Agus Joko. Krisdasakti,Sri Wahyu. Elu,Wilfridus B. 2009. Teori Organisasi. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : CV. Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2012. Manajemen dan Kompenen Terkait Lainnya. Bandung : Refika Aditama.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YKPN

Sinungan, Muchdarsyah. 2008. Produktivitas apa dan bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara

Steers, M Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia Group.

Ulfatin, Nurul. Triwiyanto, Teguh. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Aturan dan Undang-Undang :

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sukabumi

Keputusan Wali kota Sukabumi Nomor 188.45/54 – BPKD/2019 Tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Berbasis Kinerja Bagi Pegawai Negeri sipil Di Lingkungan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Sukabumi.

Peraturan Wali Kota Sukabumi Nomor 52 Tahun 2018 Tentang Mekanisme Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Berbasis Kinerja Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kota Sukabumi.

Permen PAN-RB Nomor 63 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penataan Sistem Tunjangan Kinerja Pegawai Negeri.

Jurnal :

Mahendra. 2016. Efektivitas Pemberian Tunjangan Kinerja Daerah. Bandar Lampung : Universitas Lampung (https://docplayer.info/32895374-Efektivitas pemberian tunjangan-kinerja-daerah-studi-pada-biro-perlengkapan-dan-aset daerah-provinsi lampung-tesis.html)

Ulfha, Siti Mutiah. 2018. Pengaruh tunjangan kinerja terhadap motivasi kerja pegawai (studi kasus pada pegawai kantor balai pemantapan kawasan hutan wilayah I Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan http://repository.uinsu.ac.id/5121/)

Melindah lasut. Efektivitas tunjangan Kinerja bagi tenaga kependidikan fakultas ilmu budaya Universitas Samratulangi (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/23589/23246)

Kusharjanti, R. Ajeng Dini Putri. Efektivitas tunjangan kinerja dalam peningkatan disiplin pegawai (studi kasus lingkungan kejaksaan tinggi daerah istimewa Yogyakarta (http://etd.repository.ugm.ac.id/)

Yazid, Muhammad Lutfi. 2014. Analisis pengaruh tunjangan terhadap produktivitas kerja karyawan pada koperasi jasa keuangan syari’ah Binama Semarang. (http://eprints.walisongo.ac.id/3631/)

Sidig, Danar Sutopo. Efektivitas kebijakan besaran dan kenaikan tunjangan kinerja terhadap peningkatan kinerja aparatur sipil negara studi kasus pusat pembinaan profesi keuangan,kementrian keuangan, Republik Indonesia. (http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/23175)

Papunas, Nurfitri. Implementasi kebijakan tunjangan kinerja pegawai dilingkungan kementrian pertanian studi balai pengkajian teknologi pertanian Sulawesi Utara. (https://www.neliti.com/id/publications/74093/implementasi-kebijakan tunjangan kinerja-pegawai-di-lingkungan-kementerian-perta)

Saleh, Siirajudin, dan Darwis, Muhammad. Pengaruh tunjangan kinerja terhadap kinerja pegawai pada bauk universitas negeri Makassar. (https://ojs.unm.ac.id/index.php/iap/article/view/1764)

Worotitjan, Flora. Efektivitas Tunjangan Daerah Pegawai Badan Kepegawai Daerah Provinsi Sulawesi Utara. (https://www.neliti.com/id/publications/42483/efektivitastunjangan-kinerja-daerah-pegawai-badan-kepegawaian-daerah-provinsi-s)

Suci, Ni Gusti Putri Citta. Pengaruh Pemberian Tunjangan Kinerja terhadap Optimalisasi Kinerja Karyawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Surabaya. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalakuntansi/article/vieFile/13636/12508

Wardono, Ludi Wishnu, dan Agustina, Yuli. Tunjangan Kinerja di Lingkungan Pemerintahan Kota Mojokerto. http://journal.stieken.ac.id/index.php/peta/article/view/334)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.