PENGARUH BUSINESS RISK DAN EFFECTIVE TAX RATE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Suatu Studi pada PT. Mayora Indah Tbk yang Terdaftar di BEI Periode 2014 – 2018)

Kharisma Fauzi, Nurdiana Mulyatini, Iwan Setiawan Setiawan

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengaruh business risk dan effective tax rate terhadap struktur modal pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2014 – 2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh business risk terhadap struktur modal pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2014 - 2018?; 2) Bagaimana pengaruh effective tax rate terhadap struktur modal pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2014 - 2018?; dan 3) Bagaimana pengaruh business risk dan effective tax rate terhadap struktur modal pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2014 - 2018?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknis analisis data yang digunakan yaitu: analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi sederhana, koefisien korelasi beganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Business risk business risk tidak mempunyai pengaruh terhadap struktur modal perusahaan pada PT. Mayora Indah Tbk. Artinya, apabila business risk mengalami peningkatan belum tentu struktur modal perusahaan mengalami peningkatan ataupun penurunan, begitupun sebaliknya; 2) Effective tax rate tidak mempunyai pengaruh terhadap struktur modal perusahaan pada PT. Mayora Indah Tbk. Artinya, apabila effective tax rate mengalami peningkatan belum tentu struktur modal perusahaan mengalami peningkatan ataupun penurunan, begitupun sebaliknya; dan 3) Business rate dan effective tax rate mempunyai pengaruh terhadap struktur modal perusahaan pada PT. Mayora Indah Tbk. Artinya, apabila business risk dan effective tax rate mengalami peningkatan belum tentu struktur modal perusahaan mengalami peningkatan ataupun penurunan, begitupun sebaliknya.

Full Text:

PDF

References


Atmaja, Lukas Setia. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Brigham, Euge F. & Houston, Joel F. 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Sebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Horne, Van dan Wachowicz. 2013. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Ratri, Anissa Mega dan Ari Christianti. 2017. Pengaruh Size, Likuiditas, Profitabilitas, Risiko Bisnis, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal pada Sektor Industri Properti. JRMB. Volume 12, Nomor 1, Juni 2017.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sartono, Agus R. 2010. Manajemen Keuangan dan Teori Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Setyawan, Aried Indra Wahyu, Topowijono, dan Nila Firdausi Nuzula. 2016. Pengaruh Firm Size, Growth Opportunity, Profitability, Business Risk, Effective Tax Rate, Asset Tangibility, Firm Age dan Liquidity terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Volume 31 Nomor 1, Februari 2016.

Surakmad, Winarno. 2015. Pengantar Penelirian Ilmiah. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.