PENGARUH TAGLINE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND AWARENESS (Studi pada Produk Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis)

Desi Saputri, Nurdiana Mulyatini, Moch. Aziz Basari

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh tagline terhadap brand awareness pada produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness pada produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis?; dan 3) Bagaimana pengaruh tagline dan brand ambassador terhadap brand awareness pada produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Pengaruh tagline terhadap brand awareness pada produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis; 2) Pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness pada produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis; dan 3) Pengaruh tagline dan brand ambassador terhadap brand awareness pada produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi sebanyak 1.493 konsumen dengan menggunakan teknik simple random sampling didapat jumlah sampel sebanyak 94 orang. Teknis analisis data yang digunakan yaitu: analisis regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis memiliki tagline yang kuat. Tagline mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness pada Produk Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan mempunyai arah hubungan yang positif; 2) Produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis memiliki brand ambassador yang kuat. Brand ambassador mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness pada Produk Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan mempunyai arah hubungan yang positif; dan 3) Produk motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis memiliki brand awereness yang kuat. Tagline dan brand ambassador mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness pada Produk Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan mempunyai arah hubungan yang positif.

Full Text:

PDF

References


Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan Lie Joko Budiman. 2014. Brand Equity Tren, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Karim, Abdul. 2019. Pengaruh Tagline Iklan Versi “Axis Hits Bonus” dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi pada Mahasiswa STIE AMKOP Makassar). Moverege Journal. Volume 1 No. 1 Januari 2019 Halaman 1-13. ISSN 2656-2790. Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep, Media, Branding, Anggaran. Cetakan ke-1. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mahisa, Rindang Kurniati, Sulhaini, dan Sri Darwini. 2019. Analisis Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness Telepon Seluler Merek Oppo (Studi pada Pekerja Kantoran di Kota Mataram). JRM Volume 19 Nomor 2. September 2019.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana.

Rangkuti, Freddy. 2015. The Power of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Royan, Frans. 2014. Marketing Celebiries: Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Widjaja, Yani Restiani dan Vernanda Sukmara. 2019. Pengaruh Tagline dan Media Periklanan ABOVE THE LINE terhadap Brand Awareness Dapur Iga Bandung. Jurnal Ekonomi & Syariah. Volume 2 Nomor 2, Juni 2019. E-ISSN : 2599-3410. P-ISSN : 4321-1234.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.