PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (Suatu Studi pada Pengunjung Green Canyon Pangandaran)

Widi Abdillah, Nurdiana Mulyatini, Iyus Yustini

Abstract


ABSTRAK

WIDI ABDILLAH, Nim. 3402160376. Pengaruh Experiential Marketing dan Peceived QualityTerhadap Kepuasan Pengunjung (Suatu Studi pada Pengunjung Green Canyon Pangandaran) Di bawah bimbingan Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M (Pembimbing I) dan ibu Hj. Iyus Yustini, S.Pd., M.M .

 

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah : 1)Bagaimana Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pengunjung Green Canyon Pangandaran ?2)Bagaimana Pengaruh peceived quality terhadap Kepuasan Pengunjung Green Canyon Pangandaran?3)Bagaimana Pengaruh Experiential Marketing dan perceived quality terhadap Kepuasan Pengujung Green Canyon Pangandaran? Adapun tujuannya :1) Untuk mengetahui Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Green Canyon Pangandaran.2)Untuk Mengetahui Pengaruh perceived quality terhadap Kepuasan Pengujung Green Canyon Pangandaran.3)Untuk Mengetahui Pengaruh Experiential Marketing dan perceived qualityTerhadap Kepuasan Pengunjung Green Canyon Pangandaran

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik. Sedangkan penggunakaan analisis data yang digunakan adalah analisisi koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji t dan uji F

 

Kata Kunci :Experiential Marketing, Perceived Quality dan Kepuasan Pengunjung

 

Kata Kunci Insentif Material, Non Material dan Kinerja Karyawan

 

Adapun hasil analisis data tersebut yaitu, diketahui koefisien korelasi antara variabel Experiential Marketing dan Perceived Quality terhadap Kepuasan Pengunjung  yaitu sebesar 0,3578. Berdasarkan tabel tingkat koefisien korelasi, angka 0,3578 berada antara 0,200 – 0,399 yang artinya rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa Experiential Marketing dan Perceived Quality memiliki korelasi terhadap Kepuasan Pengunjung  dengan tingkat korelasi rendah. Dari perhitungan diatas maka dapat diketahui persamaan regresinya yaitu :Y= 56,926 + 0,040 X1 + 0,038 X2 Yang artinya apabila bobot X1 bertambah 1 maka bobot Y akan mengalami kenaikan sbesar 0,040, begitu pula sebaliknya apabila X2 bertambah 1 maka Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,038. Berdasarkan perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Experiential Marketing dan Perceived Quality terhadap Kepuasan Pengunjung  mempunyai pengaruh sebesar 13% dan sisanya 87% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari perhitungan diatas dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 6,680152 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,235643. Yang artinya Experiential Marketing dan Perceived Quality berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung . Dengan taraf nyata 0,05 yang berarti kita mempercayai 95% bahwa Experiential Marketing dan Perceived Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung  pada Green Canyon Pangandaran. Dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anoraga, Pandji dan Sri Suyati.1995. Perilaku Organisasi. Cetakan Pertama. PT. Dunia Pustaka Jaya.

David, F.R. (1995). Strategic Management, 9 th Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Manullang.2012. Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Marisatul Kiptiyah. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi TerhadapKinerja Karyawan. Jurnal Sumber Daya Manusia.Vol 7 .

Maskun, Sumitro dan Surjadi 1993,Pembangunan Masyarakat Desa, MediaWidya Mandala, Yogyakarta.

McLeod, R. dan Schell, G.P.(2004). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Penerbit Prenhallindo

Mas'ud, Fuad (2002), 40 Mitos Manajemen Sumber Daya Manusia : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Pasolong, Harbani. (2011). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Poerwopoespito, FX. Oerip dan Tatag Utomo.(2000). Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Sedarmayanti, 2010, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, cetakan kedua, penerbit: Mandar Maju. Bandung.

Siagian, Sondang. 2007. Fungsi-fungsi manajerial edisi revisi. Jakarta. Bumi Aksara.

_________,Sondang. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : BumiAksara.

Sinamo, Jansen, Delapan Etos KerjaProfesional. (Jakarta: Institut Mahardika, 2011).

Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

S.P,Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Terry, George R. dalam Afifudin. 2013. Dasar-dasar Manajemen, (Terje: G.A Ticoalu), CV. Alfabeta,Bandung.

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

______, Rivai, 2008.Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan.PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

W. Astuti dan Adiwijaya, "Graph Coloring Based on Evolutionary Algorithms to Support Data Hiding Scheme on Medical Images," Procedia Computer Science, pp. 173 - 177, 2015

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4627748/kecewa-saat-sidak-bupati-ancam-rombak-manajemen-rsud-ciamis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.