PENGARUH JOB ROTATION DAN JOB ENLARGEMENT TERHADAP KEPUASAN KERJA (Suatu Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis)

Osep Lukiana, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh job rotation dan job enlargement terhadap kepuasan kerja (Suatu Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis ). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana job rotation pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (2) Bagaimana job enlargement pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (3) Bagaimana kepuasan kerja pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (4) Bagaimana pengaruh job rotation terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (5) Bagaimana pengaruh job enlargement terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (6) Bagaimana pengaruh job rotation dan job enlargement terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah (1) Besarnya pengaruh job rotation pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (2) Besarnya pengaruh job enlargement pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (3) Besarnya pengaruh kepuasan kerja pada pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (4) Besarnya pengaruh job rotation terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (5) Besarnya pengaruh job enlargement terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis (6) Besarnya pengaruh job rotation dan job enlargement terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefesien Korelasi Product Moment, Analisis Koefesien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).  Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa job rotation dan job enlargement berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 39,06% dan sisanya 60,94% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis  mempertahankan dan memperhatikan job rotation dan job enlargement sehingga dapat meningkatkan kepuasan kerja pegawai.

Full Text:

PDF

References


Abbasi, B dan Saravani, S.R. 2013. Investigating The Influence Of Job Rotation On Performance By Considering Skill Variation And Job Satisfaction Of Bank Employees. Technical Gazette. 20 (3). 473-478. Diakses tanggal 27-01-2020.

Afandi, P. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta : Cetakan Kesatu. Deepublish.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.

Hasibuan, Malayu S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan keenam belas. PT. Bumi Aksara.

Poltak Sinambela, L. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan kedua. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Veronika, R dan Sari Sasmita, A. 2018. Pengaruh Job Enlargement Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Front Office Departemen di Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata. 4 (1). 1-69. Diakses tanggal 28-01-2020.

Zareen M, Razzaq and Mutjaba. (2013). Job Design and Employee Perfomance : The Moderating Role of Employee Psychological Perception. European Journal of Business and Management. 5 (5). 46-55. Diakses tanggal 03-02-2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.