PENGARUH ON SHELF AVAILABILITY DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi Pada Konsumen Toko H. Junaedi Kawali Distributor Produk Merek Rabbani)

erika wulandari, Nurdiana Mulyatini, Iyus Yustini

Abstract


Penelitin ini di fokuskan pada On Shelf Availability dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh On Shelf Availability terhadap keputusan pembelian di Toko H. Junaedi Kawali? 2) Bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Toko H. Junaedi Kawali? 3) Bagaimana pengaruh On Shelf Availability dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Toko H. Junaedi Kawali?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode survey dengan metode survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif menggunakan metode analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, koefisien regresi berganda, Uji t dan Uji F. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 86 pelanggan tetap Toko H. Junaedi distributor produk Rabbani Kawali.

Hasil penelitian menunjukan pengaruh on-shelf availability terhadap keputusan pembelian sebesar 21,62%. Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian sebesar 24,90%. Pengaruh on-shelf availability dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian sebesar 28,30%.

Simpulan dari penelitian ini adalah 1) On-shelf availability berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) On-shelf availability dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Agustina Shinta, 2011, Manajemen Pemasaran, Malang: Universitas Brawijaya. Press (UB Press).

Alreza Anan Hafidzi:2013. Pengaruh Kelengkapan Produkdan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Alfamart Jurnal EMBA Vol.1 ISSN 2301-1174.

Armstrong dan Philip Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Handoko, T. Hani. 2009, Manajemen, Cetakan Duapuluh, Yogyakarta: Penerbit. BPEE.

Hasibuan, Malayu S.P, 2006, Manajemen Dasar, Pengertian, dan. Masalah, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Husein Umar, 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Husein Umar. (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada.

Ibrahim, Idy Subandi. 2007. Budaya Populer sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1,. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Mandey L.Silvya Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Vol 6 No.1 : 92 – 100. ISSN 0852- 8144.

Morissan. 2014. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Mowen dan Minor, 2012, Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi. Kelima (terjemahan), Jakarta: Erlangga.

Nazir .Moch. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Nugraheni, P.N.A. 2003. Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi UMS.

Priansa Donni Junni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Pride, William dan O.C. Ferrell.2010. Marketing. 15th ed.Canada: South Western Cengage Learning.

Ristiyanti Prasetyo, John J.O.I Ihalauw. Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Jilid 1, Yogyakarta, Penerbit ANDI 2005.

Saragih, Charles Victor B. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu Di Jakarta. Jurnal MIX, Volume 6 No. 2. Hal 197-221.

Silalahi, Ulber. 2011. Asas-Asas Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 9th ed.,. New Jersey: Pearson Addison Wesley

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. IN MEDIA: Bogor

Sutisna, Dadan, 2007. 7 Langkah Mudah Menjadi Webmaster, Mediakita, Jakarta. Selatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.