ANALISIS MAGNET PACKAGE TOUR DALAM MENARIK KUNJUNGAN WISATAWAN

Dimas Fitriana Muhamad, Nurdiana Mulyatini, Mujadid Faruk

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pihak perusahaan dalam mempromosikan jasa paket wisata kepada masyarakat baik itu secara direct marketing maupun promosi melalui sosial media, sehingga masyarakat kurang mengetahui mengenai keunggulan-keunggulan jasa paket wisata yang dipasarkan oleh CV. Mutiara galuh Ciamis Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Magnet Package Tour pada perusahaan tour and travel CV. Mutiara Galuh Ciamis?; 2) Bagaimana kunjungan Wisatawan pada perusahaan tour and travel CV. Mutiara Galuh Ciamis?; 3) Bagaimana Magnet Package Tour dalam menarik kunjungan Wisatawan pada perusahaan tour and travel CV. Mutiara Galuh Ciamis? Metode penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penyusunan ini yaitu metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari pihak perusahaan berupa laporan penjualan serta narasumber, yaitu owner, manajer pemasaran (perwakilan) dan konsumen CV. Mutiara Galuh Ciamis.

 Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Pelaksanaan magnet  package tour pada CV. Mutiara Galuh Ciamis sudah dilaksanakan dengan  baik sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam penelitian ini yaitu meliputi transportasi, hotel atau akomodasi, obyek dan daya tarik wisata serta fasilitas penunjang lainnya; 2) Jumlah kunjungan wisatawan yang menggunakan jasa paket wisata pada CV. Mutiara Galuh Ciamis secara umum sudah meningkat. Hal ini terlihat dari realisasi konsumen CV. Mutiara Galuh dari tahun ke tahun yaitu periode tahun 2015-2019 cenderung mengalami kenaikan yang signifikan dan secara perbandingan sudah mencapai target yang ditentukan; 3) Magnet package tour berperan dalam menarik kunjungan wisatawan pada CV. Mutiara Galuh Ciamis. Hal ini dapat terlihat dari sudah dilakukannya magnet package tour yang sudah baik dimana serangkaiannya berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan yang menggunakan jasa paket wisata pada CV. Mutiara Galuh Ciamis. Artinya apabila pelaksanaan magnet package tour sudah  baik, maka wisatawan yang menggunakan jasa paket wisata pada CV. Mutiara Galuh Ciamis akan meningkat


Full Text:

PDF

References


A.J. Muljadi dan Warman, Andri. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan: Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Alastair, M. Morrison. 2010. Hospitality & Travel Marketing. Usa : Delmar Cengange Learning

Ali, Hasan. 2015. Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta: YKPN.

Andayani T.M. 2013. Farmakoekonomi Prinsip dan Metodologi. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Andayani, Ni Luh H. (2007). Pengembangan Obyek Wisata Desa Tihiangan, Kecamatan Banrangkan, Kabupaten Klungkung. Jurnal : Jurnal Manajemen Pariwisata, 7 (1).

Asriandi, Ian. 2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng. Makassar: Jurnal Universitas Hasanuddin.

Astarina ,Yesita. 2010. Manajemen Pariwisata. Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol. 15 (5).421-429.

Bojanic & Calantone. 2010. A Contribution Approach to Price Bundling in Services. Annals of TourismResearch, 17(4), 528-540.

Crow dan Crow. 2010. Psikologi Pendidikan Terjemahan Kasijan. Surabaya: Bina Ilmu.

Fandeli, C., 2003. Pengertian dan Kerangka Daras Pariwisata. Yogyakarta: Liberty.

Harsono, 2011. Pengelolaan Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Koontz, Harold & Cyril O’Donnel & Heinz Weihrich. 2006. Manajemen. Jilid 2. Terjemahan: Gunawan Hutauruk. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2015. Marketing Management, 15th Editon. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi 12, Terjemahan Bob Sabram. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

M.A. Desky. 2013. Manajemen Perjalanan Wisata. Adicita Karya Nusa. Yogyakarta.

Mangembulude, Yudistira T. 2014. Bentuk Wisata. https://plus.google.com/ 105741841322991382850, 16 April 2017

Mappi, Asriandi, Ian. 2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng. Makassar : Jurnal. Universitas Hasanuddin

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2010. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mintzberg, Henry, James, Quin, & John. (2016) Strategi Process. New Jersey: Prentice Hall

Morrison, G.R., Ross, S.M., Kalman, H.K., kemp, J.E. Kemp. 2012. Designing Effective Instruction, Sixth Edition. New York: John Wiley & Sons, INC

Muawanah. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan tentang manajemen stres terhadap tingkat kekambuhan pada penderita hipertensi di Panti Wreda Dharma Bakti Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muljadi, dan Warman A. (2016). Kepariwisataan Dan Perjalanan. Jakarta: Rajawali Pers.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Sheldon IM dan Mark. 2014. The Postpartum Uterus. Vet. Clin. North Am. Food. Anim. Pract20(3):569-591.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Winarno, Surakhmad. 2014. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito

Yoeti, O. A. 2013. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.