PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PIDATO DENGAN TEKNIK WARMING UP FOR READING (WFR) (Penelitian Kuasi Ekseperimen pada Siswa Kelas IX MTs Darussalam)

ernawati ernawati ernawati

Abstract


ABSTRAK

Sistem pembelajaran membaca sesuai dengan standar kompetensi di MTs yaitu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, dengan kompetensi dasarnya “menyimpulkan pesan pidato yang didengar”. Kenyataan yang terjadi yang diterapkan di MTs Darussalam, lebih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered learning), padahal kompetensi dasar membaca menyimpulkan pesan pidato yang didengar merupakan kompetensi yang tentunya harus dikuasai oleh siswa untuk mendukung pembelajaran berikutnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen. Hal ini dilakukan karena peneliti sengaja membangkitkan timbulnya suatu kejadian atau keadaan, kemudian diteliti akibatnya. Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis data, diketahui bahwa: perubahan kemampuan siswa ditunjukkan dengan selisih pada putaran pertama terjadi sebesar rata-rata 0.65, pada putaran kedua sebesar rata-rata 0,51, pada putaran ketiga sebesar rata-rata 0,51 dan pada putaran keempat sebesar 1,09. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji t diketahui bahwa untuk harga nilai t dengan df 6 taraf signifikan 10% atau tingkat kepercayaan 90% adalah 1,65. Apabila dihubungkan dengan critical ratio (CR) maka diperoleh 0,37 < 1,65. Hal ini menunjukkan bahwa CR sebagai t hitung lebih besar daripada harga nilai t tabel. Ini berarti perubahan sebesar 0.37 signifikan pada tingkat kepercayaan 90% dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks pidato dengan menggunakan teknik warming up for reading (WFR).

 

Kata Kunci: Isi Teks Pidato, Warming Up For Reading (WFR) 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

 

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.