PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PASANG KATA

Endar Adi Prayogi

Abstract


Pembelajaran menulis merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas VIII semester 2 yaitu  “Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai”, yang ditentukan oleh Kompetensi Kelululsan Minimal (KKM) mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII  yaitu 78. Dengan kenyataan tersebut dapat dilihat beberapa permasalahan pokok yang menjadi inti kajian dalam rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana langkah-langkah penggunaan teknik peta pasang kata dalam pembelajaran menulis puisi? dan 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik peta pasang kata?Setelah dilaksanakannya pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik peta pasang kata, maka diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, pada pembelajaran siklus I dan siklus II peserta didik terlihat sudah memahami yaitu dengan kegiatan Eksplorasi: pembelajaran menulis puisi diawali dengan melihat contoh puisi yang menggunakan teknik peta pasang kata, dari contoh puisi tersebut peserta didik menulis puisi harus memperhatikan pilihan kata (diksi) yang tepat, tipografi yang sesuai, rima dan irama yang sesuai. Elaborasi: dengan melihat contoh puisi yang menggunakan teknik peta pasang kata imajinasi peserta didik berkembang  dan dapat memilih kata untuk dipasang-pasangkan bahkan membuat puisi yang sesuai dengan teknik peta pasang kata. Konfirmasi: peserta didik menerima umpan balik positif berupa tanya jawab dan penguatan materi mengenai puisi, serta penghargaan (inforcement) berupa tepuk tangan dan pujian terhadap keberhasilan peserta didik. Setelah selesai melaksanakan kegiatan inti yaitu pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik peta pasang kata. Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman pelaksanaan pembelajaran dan membuat simpulan. Kedua, terdapat peningkatan kemampuan peserta didik dalam  pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik peta pasang kata. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus I yaitu 76.57 meningkat menjadi 88.68 pada siklus II, atau meningkat 12.11 poin.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.