PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENERAPKAN MODEL BERGERAK KE ARAH YANG DIPILIH (GO TO YOUR POST) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KAWALI KECAMATAN KAWALI KABUPATEN CIAMIS

Rinrin Sri Saripah

Abstract


Penelitian ini bertolak dari sebagian peserta didik yang memperoleh hasil kurang baik dalam menulis puisi belum mencapai nilai KKM yaitu 65. Tujuan penelitian adalah hlm. untuk mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan model go to your post. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V-A sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas V-B sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol di SD Negeri 1 Kawali. Hasil penelitian adalah hlm. Terdapat perubahan yang signifikan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan model go to your post. Dibuktikan dengan nilai Critical Ratio (CR) sebesar 8,69. Harga kritik nilai t untuk df = 46 pada taraf signifikan 5% atau tingkat kepercayaan 95% adalah 1,68. Nilai CR > ttabel atau 8,69 > 1,68. Berarti nilai Critical Ratio lebih besar daripada nilai ttabel,maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata prates dan pascates atau terdapat perubahan yang signifikan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan model go to your post (bergerak ke arah yang dipilih) siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Perbndingan dengan kelas kontrol menghasil nilai CR sebesar 7,29. Nilai CR > ttabel atau 7,29 > 1,68. Berarti Penggunan model go to your post lebih efektif dibanding model window shopping dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.