PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VIII C MTs Al-Ishlah, Karangmulya, Jamanis, Tasikmalaya)

Meli Elisa

Abstract


Salah satu hal penting dalam pembelajaran menulis puisi adalah kemampuan menuangkan kata-kata yang menghasilkan makna. Berdasarkan hasil observasi pra-penelitian dilihat bahwa nilai yang dicapai belum memenuhi KKM yang telah ditentukan 75. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis puisi? (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi setelah menggunakan media film dokumenter? Dari kedua rumusan masalah tersebut terdapat dua tujuan penelitian yaitu  mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media film dokumenter, mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media film dokumenter. Penelitian ini menggunakan desain penelitian PTK yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan pelaksanaan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi sehingga dapat mencapai KKM dan mengalami peningkatan dari pratindakan, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Langkah -langkah penggunaan media film dokumenter, yaitu (1) guru menjelaskan tentang materi puisi; (2) guru meminta siswa membagi kelompok belajar setiap kelompok terdiri dari 4 orang (3) guru memberikan tayangan contoh puisi yang bertujuan untuk diidentifikasi tentang unsur-unsur puisi; (4) guru menayangkan film dokumenter; (5) secara individual siswa mendata objek yang terdapat dalam film tersebut sebagai bahan untuk penulisan puisi (6) siswa menulis larik-larik puisi berdasarkan yang didata dengan memperhatikan diksi,rima, dan mazas; (7) siswa membacakan hasil karyanya di depan kelas; (8) guru menanggapi dan menilai hasil kerja siswa. Setelah digunakan media film dokumenter terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam: 1) mendata objek yang terdapat dalam tayangan film dokumenter; 2) mendeskripsikan objek yang didata dengan memperhatikan pilihan kata atau diksi, rima dan mazas. Ini terlihat pada hasil siswa yaitu sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata 6,7 setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami peningkatan nilai rata-rata 70,38 dengan selisih 9,68 dan nilai rata-rata pada siklsu II sebesar 85,38 dengan selisish 15.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.