PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis)

Sriyanti Sriyanti

Abstract


Menulis surat pribadi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas VII. Hasil observasi penelitian diketahui bahwa beberapa siswa belum mampu menulis surat pribadi. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang sudah ditentukan yaitu 75, namun masih ada beberapa yang masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan bahwa rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan metode kolaborasi dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi?, 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi setelah digunakan metode kolaborasi?. Berdasar pada rumusan masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis dapat menentukan tujuan penelitian ini. Tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode kolaborasi dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi setelah digunakan metode kolaborasi.Berdasarkan kepada pembahasan, penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Langkah-langkah penggunaan metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTsN 15 Ciamis sudah dilaksanakan dengan baik, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran sebagai berikut: a) guru memberikan contoh sebuah surat pribadi dengan beberapa pertanyaan, b) siswa dibagi menjadi 6 kelompok, c) siswa menemukan informasi tentang ciri-ciri surat pribadi melalui penjelasan guru dengan bantuan alat peraga berupa contoh surat pribadi, d) perwakilan siswa diminta untuk membacakan sepucuk surat pribadi kelompok lain dengan cara menandai setiap kesalahan dengan pensil, e) guru dan siswa melaksanakan evaluasi dan menyimpulkan materi pembelajaran menulis surat pribadi. 2) Penggunaan metode kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa dengan peningkatan persentase pada siklus I adalah 50% dengan kategori baik, sedangkan siklus II menunjukan adanya peningkatan persentase dari 50% menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTsN 15 Ciamis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.